Ruddy Theno Jelaskan Strategi Penyusunan APBD Perubahan ke DPRD Ternate

  • Whatsapp

Penjabat Sekretaris Daerah Bitung Ruddy Theno menerima kunjungan DPRD Ternate di ruang kerjanya.(ist)

 

Read More

 

Bitung, megamanado- Pemkot Bitung kedatangan tamu dari Badan Anggaran (Banggar) DPRD Ternate, Maluku Utara. Mereka datang dalam rangka studi banding terkait penyusunan APBD Perubahan tahun 2022.

 

Kunjungan kerja tersebut berlangsung Kamis (22/9/2022) di Kantor Walikota Bitung. Rombongan dari Ternate itu diterima oleh Penjabat Sekretaris Daerah Ruddy Theno.

 

Ketua DPRD Ternate yang juga Ketua Banggar, Muhajirin Bailussy, menjelaskan maksud kedatangan mereka. Ia menyebut pihaknya ingin memperoleh masukan perihal penyusunan APBD Perubahan yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

 

“Kami di DPRD Ternate baru akan membahas Perubahan APBD tahun 2022. Untuk itu kami datang ke sini agar mendapatkan masukan sekaligus bertukar pikiran menyangkut hal itu,” ujarnya dalam audiensi dengan Pemkot Bitung.

 

Ruddy Theno langsung merespons tujuan tersebut dengan positif. Ia pun memberi penjelasan berdasar pengalaman Pemkot Bitung baru-baru ini.

 

“Kebetulan kami dan DPRD Bitung sudah selesai membahas Perubahan APBD 2022. Sudah ditetapkan sebagai perda tapi sekarang masih dalam proses evaluasi di Pemprov Sulut. Bagi kami, kunci utama membahas dan menyusun Perubahan APBD adalah mengikuti ketentuan yang berlaku. Itu yang paling pokok dan mendasar,” terangnya.

 

Meski begitu, Ruddy mengakui ada yang berbeda dalam penyusunan Perubahan APBD kali ini. Ada elemen yang terkait dengan situasi saat ini yang harus dijadikan acuan. Elemen dimaksud adalah perkembangan inflasi di masing-masing daerah,” terangnya.

 

Perkembangan inflasi harus diperhatikan agar kebijakan anggaran yang ditetapkan bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat. Hal itu terkait dengan kebijakan pemerintah pusat yang belum lama ini menaikkan harga BBM.

 

“Perkembangan inflasi dampak dari kenaikan harga BBM harus diperhatikan. Nah, salah satu strategi kami adalah menambah anggaran bantuan sosial. Itu sangat penting untuk mencegah dampak buruk inflasi terhadap masyarakat, salah satunya penurunan daya beli. Dan itu sudah kami tuangkan dalam Perubahan APBD,” paparnya.

 

Di akhir kunjungan Ruddy menyampaikan terima kasih ke DPRD Ternate. Ia mengaku bangga dan terkesan dengan kedatangan mereka ke daerah ini. Ia pun berharap kemitraan yang baik antara Ternate dan Bitung dapat terus terjaga.(bds)

Related posts