Dekranasda Bitung Wakili Sulut di Pameran Kriyanusa

  • Whatsapp

Pengurus Dekranasda Bitung foto bersama dengan pengurus Dekranasda Sulut di sela-sela pembukaan Pameran Kriyanusa 2022.(ist)

 

Read More

 

Bitung, megamanado- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bitung mengikuti Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2022. Dekranasda Bitung jadi salah satu utusan Sulawesi Utara (Sulut) dalam ajang tersebut.

 

Pameran Kriyanusa 2022 diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), DKI Jakarta. Agenda itu berlangsung selama lima hari sejak 21 September 2022. Pameran tersebut diselenggarakan oleh pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) RI.

 

“Iya, kita jadi salah satu wakil Sulut dalam pameran ini. Dengan demikian ini jadi kebanggaan tersendiri bagi kami,” ujar Rita Mantiri-Tangkudung selaku Ketua Dekranasda Bitung, via keterangan tertulis pada Kamis (22/9/2022).

 

Rita pun membeber kesiapan pihaknya mengikuti ajang dimaksud. Menurutnya, materi yang ditampilkan di Pameran Kriyanusa adalah produk UMKM Bitung.

 

“Produk yang dibawa terdiri dari berbagai macam, umumnya aksesoris dan perlengkapan rumah tangga. Dan itu semua hasil kerajinan tangan yang bahannya dari kulit jagung, batok kelapa, kulit buah kenari, dan lain-lain. Produk-produk itu bagian dari kreasi UMKM kita,” ungkapnya.

 

 

Produk yang dipamerkan meliputi gelang, taplak, tas, tampah (orang Manado menyebutkan sosiru,red), pot hingga bros. Produk-produk itu pun menarik perhatian banyak pihak yang berkunjung ke lokasi pameran. Salah satunya adalah Majalah Femina, majalah khusus wanita yang populer di Indonesia.

 

“Ada dua produk kita yang membuat Femina tertarik, yaitu tas dari batok kelapa dan kerajinan dari kulit buah kenari. Mereka sampai bersedia melakukan kurasi terhadap produk itu. Kami pun dengan senang hati menerima keinginan mereka,” tutur Rita.

 

Terkait harapan mengikuti pameran itu Rita tidak muluk-muluk. Yang terpenting bagi dia Dekranasda Bitung menunjukan eksistensi sesuai peran yang dimiliki.

 

“Bagaimana membina pengrajin dan pelaku UMKM itu yang paling pokok. Soal hasilnya seperti apa itu tergantung penilaian pihak yang berkompeten. Yang penting Dekranasda Bitung menjalankan peran yang dimiliki,” paparnya.

 

Pameran Kriyanusa dibuka oleh Iriana Joko Widodo yang didampingi Wury Ma’ruf Amin. Keduanya adalah Pembina dan Ketua Dekranas RI. Sesuai rencana, ajang tersebut akan berlangsung hingga tanggal 25 September nanti.(bds)

Related posts