Konsisten Raih WTP, Pemkot Bitung Dapat Penghargaan dari Kementerian Keuangan

  • Whatsapp

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyerahkan penghargaan WTP kepada Walikota Bitung Maurits Mantiri.(ist)

 

Read More

 

Bitung, megamanado- Kementerian Keuangan menganugerahi penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi Pemkot Bitung. Penghargaan itu diberikan atas pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan yang dianggap terbaik.

 

Pemberian penghargaan tersebut berlangsung Kamis (22/9/2022) di Jakarta, tepatnya di Ballroom Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Penghargaan itu diberikan saat pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022.

 

Walikota Bitung Maurits Mantiri menerima langsung penghargaan itu. Ia menerimanya dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. Salah satu alasan Pemkot Bitung memperoleh penghargaan tersebut adalah pencapaian selama ini. Pencapaian dimaksud adalah torehan 11 kali meraih opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

 

“Penghargaan ini diberikan atas laporan keuangan tahun 2021 yang dinilai taat asas dan aturan. Tapi ada juga faktor lain yang membuat kami menerima penghargaan WTP ini. Faktor itu adalah keberhasilan meraih opini WTP 11 kali dari Badan Pemeriksa Keuangan,” terang Maurits via keterangan tertulis usai penyerahan penghargaan.

 

Maurits pun menyampaikan terima kasih atas apresiasi tersebut. Ungkapan terima kasih ia tujukan tak cuma bagi Kementerian Keuangan, tapi juga bagi BPK. Menurut dia, sinergitas yang baik dengan kedua lembaga itu membuat pengelolaan keuangan Pemkot Bitung berjalan baik.

 

 

Mantan Wakil Ketua DPRD Bitung ini pun menyampaikan harapannya. Ia berharap penghargaan yang diterima tidak membuat seluruh jajaran cepat berpuas diri, melainkan terus berbenah agar lebih baik lagi.

 

“Ini harus jadi motivasi bagi kami. Dengan hasil ini kami ingin laporan keuangan di tahun-tahun mendatang bisa terus lebih baik. Jadi jangan cepat puas dengan hasil yang ada,” katanya.

 

Maurits tidak sendiri saat menerima penghargaan dimaksud. Ia didampingi Franky Sondakh selaku Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

 

Selain Pemkot Bitung, sejumlah pemerintah daerah, kementerian dan lembaga lainnya juga mendapatkan penghargaan WTP. Penghargaan itu diberikan dengan catatan minimal pernah lima kali berturut-turut memperoleh opini WTP dari BPK.

 

Pemkot Bitung sendiri sudah memenuhi syarat itu. 11 kali opini WTP dari BPK didapat secara berturut-turut sejak 2012 lalu. Prestasi itu pun membuktikan konsistensi Pemkot Bitung.(bds)

Related posts