Dilantik Walikota, Ini Susunan Pengurus Inti FPRB Bitung

Pelantikan pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Bitung periode 2022-20227.(ist)

 

Read More

 

Bitung, megamanado- Walikota Bitung Maurits Mantiri melantik pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) periode 2022-2027. Sesuai namanya, forum tersebut berperan membantu Pemkot Bitung mereduksi risiko peristiwa bencana.

 

Pelantikan pengurus FPRB dilangsungkan Senin (22/8/2022) di Ruang SH Sarundajang, Kantor Walikota Bitung. Ikut hadir dalam kegiatan itu Kepala Kantor Badan SAR Nasional Manado, Monce Brury, Penjabat Sekretaris Daerah Bitung Ruddy Theno, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemkot Bitung, Fivy Kadeke, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Bitung.

 

Pengurus FPRB Bitung diketuai oleh Geraldi Mantiri. Ia akan dibantu sejumlah figur dalam memimpin wadah tersebut, salah satunya aktivis lingkungan hidup Ferdy Pangalila.

 

Maurits Mantiri dalam sambutannya meminta pengurus FPRB bekerja dengan baik. Ia berharap manfaat kehadiran forum tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat.

 

“Yang diharapkan adalah kerja nyata dari pengurus forum. Apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab yang melekat harus bisa dijalankan,” pintanya.

 

Maurits menyebut tidak ada satu pihak pun di seluruh dunia yang menginginkan terjadinya bencana. Pada hakikatnya semua orang ingin menghindari peristiwa semacam itu. Namun demikian, upaya antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana harus diadakan.

 

 

Walikota Bitung Maurits Mantiri didampingi Kepala Pelaksana Harian BPBD Fivy Kadeke menandatangani berita acara pelantikan.(ist)

 

 

“Nah, tugas dari forum ini bagian dari mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi. Tetapi bukan peristiwa bencananya yang diantisipasi, melainkan risiko dari peristiwa bencana. Karena itu butuh pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan untuk menjadi pengurus forum ini. Sebab nantinya salah satu tugas yang melekat adalah mengedukasi masyarakat,” tutur Walikota.

 

Sementara, Geraldi Mantiri dalam sambutannya menyatakan kesiapan untuk menjalankan tanggung jawab yang diemban. Ia pun membeber sejumlah upaya yang dilakukan dalam menunjukan eksistensi FPRB.

 

“Salah satu upaya kami adalah membentuk komunitas dalam masyarakat yang fokus pada pencegahan dan penanganan bencana. Komunitas ini diupayakan terbentuk di semua kelurahan supaya lebih efektif,” terangnya.

 

Geraldi yang juga anggota DPRD Bitung berharap FPRB mendapat dukungan dalam menjalankan tugasnya. Alasan dia, tanpa support dari berbagai pihak forum tersebut akan menghadapi kesulitan.

 

“Dukungan sangat diperlukan karena ini urusannya terkait bencana. Bencana itu bisa terjadi kapan saja, di mana saja, serta bisa menimpa siapa saja. Karena itulah dalam rangka kepentingan bersama kami berharap dukungan dari pihak lain,” katanya.

 

Sebagaimana data dirangkum, susunan pengurus inti FPRB yang dilantik terdiri dari Geraldi Mantiri selaku ketua, Ferdy Pangalila selaku wakil ketua, Michelle Rompis selaku sekretaris, dan Limindra Gohiema selaku bendahara.

 

Mereka akan dibantu oleh sejumlah koordinator bidang, diantaranya Jemmy Paulus, Abineno Mangentang dan Alfons Wodi.(bds)

Related posts