Simak Pidato Presiden, Maurits Respons Soal Digitalisasi Ekonomi

  • Whatsapp

Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri dan Hengky Honandar, mengikuti Rapat Paripurna DPRD Bitung dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo. Rapat itu dipimpin Ketua DPRD Bitung Aldo Nova Ratungalo.(ist)

 

Read More

 

Bitung, megamanado- Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-77. Pidato tersebut wajib mendapat atensi khusus seluruh pihak, termasuk pimpinan Pemkot Bitung.

 

Pidato kenegaraan Presiden disampaikan dalam Sidang Tahunan MPR-RI di Gedung Parlemen, Jakarta pada Selasa (16/8/2022). Pidato itu disiarkan secara nasional dan turut disaksikan DPRD Bitung lewat agenda rapat paripurna.

 

Presiden Joko Widodo menyampaikan banyak hal dalam pidatonya. Perkembangan terkini bangsa dan negara termasuk situasi global jadi topik pidato tersebut. Kinerja pemerintahan dan lembaga negara serta kondisi sosial kemasyarakatan juga jadi bagian dari pidato dimaksud.

 

Ada sejumlah poin penting yang jadi garis besar pidato kenegaraan Presiden. Poin-poin itu terdiri dari situasi perekonomian, dunia kesehatan dalam kaitan dengan pandemi Covid-19, pemanfaatan sumber daya alam, keagamaan dan kemasyarakatan, pertahanan dan keamanan, kepercayaan dunia internasional, bonus demografi, serta pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Presiden pada intinya meminta dukungan terus-menerus dari semua pihak guna mencapai kemajuan bersama. Ia sekaligus menyampaikan terima kasih atas dukungan yang sudah diberikan selama ini.

 

“Saya tegaskan kembali, agenda besar Bangsa Indonesia tidak boleh berhenti. Langkah-langkah besar harus terus kita lakukan. Karena itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus bersatu padu, mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia lebih maju,” pinta Presiden di ujung pidatonya.

 

 

Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Bitung juga ikut mendengarkan pidato kenegaraan Presiden.(ist)

 

Terkait hal itu, Walikota Bitung Maurits Mantiri memberikan tanggapannya. Ia menegaskan Pemkot Bitung selalu sejalan dan mendukung penuh program serta kebijakan pemerintah pusat.

 

Maurits pun mengakui beberapa hal dalam pidato Presiden sudah dan sementara dikerjakan pihaknya. Salah satu yang ia sentil soal digitalitasi ekonomi.

 

“Pidato Bapak Presiden soal digitalisasi ekonomi sementara kita jalankan. Tujuannya jelas untuk membangkitkan dan memajukan UMKM sebagai salah satu potensi besar di bidang perekonomian. Nah, justru dengan adanya penegasan lewat pidato kenegaraan, maka kami jadi semakin termotivasi untuk menjalankan hal itu,” paparnya.

 

Maurits mengakui Pemkot Bitung tengah fokus meningkatkan perekonomian daerah guna menunjang perekonomian secara nasional. Fokus itu dipilih karena sesuai instruksi Presiden terkait pemulihan ekonomi di tengah masa pandemi Covid-19.

 

“Dan itu harus dimulai dari ekonomi mikro. Makanya kita menaruh perhatian besar terhadap sektor UMKM karena sebagai penggerak utama perekonomian masyarakat. Usaha dan industri kecil harus terus didukung agar bisa bersaing, sehingga pada gilirannya dapat memperkuat daya beli masyarakat,” terangnya.

 

Meski fokus pada pemulihan ekonomi, Pemkot Bitung bukan berarti mengabaikan aspek lainnya. Pembangunan infrastruktur dan manusia tetap dapat prioritas dan dijalankan secara bersamaaan. Karena itu, seperti halnya Presiden yang meminta dukungan semua komponen, Maurits juga mengharapkan hal yang sama.

 

“Jadi tolong dukung kami menjalankan tugas dan tanggung jawab agar bisa memenuhi harapan masyarakat,” ujarnya.

 

Selain dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-77, Presiden juga menyampaikan pidato lainnya pada hari yang sama. Pidato kedua Presiden terkait Pengantar RUU APBN 2023 dan disampaikan dalam Rapat Paripurna DPR RI.

 

Sesuai namanya, pidato tersebut membahas arah kebijakan anggaran untuk tahun 2023, beserta program-program yang ingin dicapai di tahun yang sama.

 

Rapat Paripurna DPRD Bitung dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden dihadiri sejumlah pihak. Selain Wakil Walikota Hengky Honandar, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah juga hadir lengkap pada rapat tersebut. Rapat itu dipimpin Ketua DPRD Aldo Nova Ratungalo dan diikuti seluruh anggota Dewan.(bds)

Related posts