Bahas KUA-PPAS Pemkot Bitung, TAPD dan Banggar Utamakan Kebijakan Pro Rakyat

Suasana rapat pembahasan KUA-PPAS tahun 2023 antara Banggar DPRD Bitung dan TAPD Pemkot Bitung.(ist)

 

Read More

 

Bitung, megamanado- Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bitung menggelar pembahasan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2023. Pembahasan melibatkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Bitung.

 

Sebelumnya, pada Senin (18/7/2022) Pemkot Bitung menyampaikan rancangan KUA-PPAS tahun 2023 ke DPRD Bitung. Penyampaian dilakukan lewat mekanisme rapat paripurna. Nah, sebagai tindak lanjut penyampaian tersebut, pada hari ini Banggar mengundang TAPD untuk melakukan pembahasan.

 

“Iya, kami memenuhi undangan rapat dari Banggar untuk membahas KUA-PPAS. Ini bagian dari tugas kita untuk bersama-sama merumuskan arah kebijakan anggaran dan pembangunan daerah tahun 2023 nanti,” ujar Penjabat Sekretaris Daerah Bitung yang juga Ketua TAPD, Ruddy Theno, menjawab pertanyaan wartawan via sambungan ponsel.

 

Pembahasan KUA-PPAS ini merupakan tahapan penting. Sebab pada gilirannya nanti hasil dari pembahasan tersebut akan menjadi acuan dalam penyusunan RAPBD Pemkot Bitung tahun 2023. Dan seperti KUA-PPAS, RAPBD juga akan melalui tahapan pembahasan di DPRD sebelum ditetapkan menjadi APBD.

 

Karena itu lanjut Ruddy, pihaknya siap beradu argumen dengan personil Banggar terkait pembahasan dimaksud. TAPD akan mendorong agar pembahasan menghasilkan kesepakatan bersama yang pro kepentingan rakyat.

 

“Jadi kami akan berpegang pada pedoman penyusunan KUA-PPAS dan pengelolaan keuangan daerah. Di dalamnya ada skala prioritas yang harus kita penuhi, yaitu mengutamakan kebijakan yang pro kepentingan rakyat. Saya pikir pimpinan dan anggota DPRD juga begitu, sama-sama akan memprioritaskan kepentingan masyarakat,” tuturnya.

 

Ketua DPRD Bitung yang juga Ketua Banggar, Aldo Nova Ratungalo, menyatakan hal yang sama dengan Ruddy. Ia menyebut pembahasan KUA-PPAS jadi kesempatan bagi pihaknya untuk memperjuangkan aspirasi rakyat.

 

“Yang namanya pembahasan kebijakan anggaran dan pembangunan itu sudah pasti. Itu kesempatan bagi kami anggota Dewan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat yang kami terima, baik saat kegiatan reses maupun rutinitas sehari-sehari,” tandasnya.

 

Aldo pun berbicara pembahasan yang dilakukan bersama TAPD. Dikatakannya, Banggar sudah menyetujui rancangan KUA-PPAS yang diajukan oleh Pemkot Bitung.

 

“Tadi kami sudah selesai membahas KUA-PPAS bersama TAPD. KUA sudah kami setujui untuk dijadikan acuan dalam menyusun PPAS APBD tahun 2023. Kami melihat semangatnya sama, yaitu untuk kepentingan masyarakat, jadi kami setuju untuk dibahas lebih lanjut,” terangnya.

 

Dalam rapat tadi, Ruddy Theno didampingi sejumlah pejabat anggota TAPD Pemkot Bitung. Mereka diantaranya Asisten II Sikamang, Kepala Inspektorat Daerah Yoke Senduk, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Sifri Mandak, serta Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Franky Sondakh.

 

Sementara, Banggar DPRD Bitung digawangi oleh Aldo Nova Ratungalo, Geraldi Mantiri, Rafika Papente, Vivy Ganap, Erwin Wurangian, serta Lady Lumantow.(bds)

Related posts