Pra Karantina, Sekda Lakat Pemateri Pemilihan Nyong dan Nona Manado

Manado, megamanado-Sekertaris Kota Manado DR Micler Lakat, SH, MH menjadi pemateri dalam Pemilihan Nyong dan Nona Manado pada tahapan pra karantina yang digelar, Selasa (28/6/2022) di Ruang Toar Lumimuut.
Sekda Lakat pada kesempatan tersebut menyampaikan visi dan misi Kota Manado yang diprogramkan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang, pertumbuhan ekonomi sampai beragam prestasi yang diraih ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini.


Ada lima misi yang diusung Pemerintah Kota Manado di kepemimpinan AA-RS. Yang pertama, peningkatan kualitas manusia kota Manado. Kedua, penguatan ekonomi kota yang bertumpu kepada industri jasa, perdagangan dan pariwisata. Ketiga, pembangunan infrastruktur, penataan kota dan perluasan konektivitas. Keempat, pembangunan daerah yang berkelanjutan. Dan kelima, pemerintah yang baik dan bersih didukung oleh sinergitas antar daerah.

“Visi dan misi menjadikan Kota Manado maju dan sejahtera terus dilakukan Pemerintah Kota Manado,”kata Lakat.

Dia kemudian menampilkan beberapa tabel yang menggambarkan kinerja pembangunan di Kota Manado dari tahun 2017 sampai tahun 2021. Dimana perekonomian menunjukkan pertumbuhan setelah pandemi covid-19 mereda. Berada di angka 5,14 persen di tahun 2021.

“Pendapatan per kapita mengalami peningkatan. Sementara tingkat pengangguran menurun. Untuk inflasi normal terkendali dan kesenjangan pendapatan semakin berkurang,” tukasnya.

Sekda Micler Lakat juga menjelaskan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Manado. Hingga tahun 2019, IPM Kota Manado terus mengalami pertumbuhan positif. Namun karena pandemi covid-19, IPM Kota Manado di tahun 2020 mengalami penurunan dari 79,12 di tahun 2019 menjadi 78,93. Hal ini diakibatkan salah satu komponen perhitungan IPM yang mengalami penurunan dari RP. 14,23 juta per kapita di tahun 2019 menjadi RP 13, 89 juta di tahun 2020. Di tahun 2021, IPM Kota Manado kembali meningkat menjadi 79, 20.

Menutup materi yang diberikan, Micler Lakat menungkapkan berbagai prestasi yang telah diraih Kota Manado dari pertengahan tahun 2021 sampai tahun 2022.

Mulai dari SAKIP BB, WTP, Anugerah Parahita Ekapraya (APE), Kota Layak Anak, Bhumandala Award 2021, Gerakan Menuju Smart City tahun 2021 kategori kabupaten/kota terbaik dimensi smart gobernance serta penghargaan terbaik pertama dalam pengendalian covid-19 dan capaian vaksinasi di Sulawesi Utara.

Tak lupa juga dia menyemangati para peserta finalis nyong dan nona Manado dan berharap terus menampilkan yang terbaik guna menjadi bagian penting dari kemajuan Kota Manado kedepan.(qim)

Related posts