Kadis Kesehatan Provinsi Sulut Tunjang Program Paliatif di RSUD ODSK Dan Melayani Dengan Hati

  • Whatsapp

MANADO,megamanado – Demi kemajuan dan pelayanan prima kepada masyarakat Sulawesi Utara, maka Rumah Sakit Daerah ODSK menggelar sosialisasi Pelayanan Paliatif melalui talk show, Sabtu (21/5/2022) bertempat di ruang pertemuan rumah sakit ODSK.

Sosialisasi ini terlaksana atas Ide brilian dari Direktur Rumah Sakit daerah (RS) ODSK dokter Enriko Rawung MARS, terhadap kemajuan rumah sakit.

Dokter Enriko Rawung MARS mengatakan, Pelayanan Paliatif adalah pelayanan perawatan pada seorang pasien dan keluarganya yang memiliki penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan cara memaksimalkan kualitas hidup pasien serta mengurangi gejala yang mengganggu, mengurangi nyeri dengan memperhatikan aspek psikologis dan spiritual.

Pelayanan ini juga menyediakan sistem pendukung untuk menolong keluarga pasien menghadapi kematian dari anggota keluarga yang dicintai sampai pada proses perkabungan. Dimulai sejak penyakit terdiagnosis.

Pelayanan paliatif adalah perawatan kesehatan terpadu yang bersifat aktif dan menyeluruh, dengan pendekatan multidisiplin yang terintegrasi antara dokter, perawat, terapis, petugas sosial-medis, psikolog, rohaniwan, relawan, dan profesi lain yang diperlukan.

lnovasi seperti yang akan diterapkan di RS ODSK dan menjadi RS ini sebagai yang pertama menjadi Penang ke ll, sehingga tidak semua orang harus melakukan pengobatan keluar negeri. lde gagasan ini sangat bagus bakal diterapkan di RS ODSK sehingga, hal ini memberikan kenyaman bagi pasien yang akan melakukan oengobatan dirumah sakit daerah ODSK.

Hadir sekaligus menjadi pembica pada talk show adalah. Prof. DR. Dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD, KHOM, FINASM, FACP, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Dr. Siti Anissa Nuhonni, Sp.KFR(K), Bidang Pelayanan Sosial YKI, Dr. Gatot N.A Winarno , Sp.OG (K)-Onk., M.Kes, DMAS, Staff pengajar di RS Hasan Sadikin dan Kepala Dinas Kesehatan daerah dokter Debby Kalalo MARS serta Direktur RS ODSK dokter Enriko Rawung MARS.

Pada kesempatan ini juga penyerahan buku dari dr. Nuhoni. (tim)

Related posts