Wali Kota Andrei dan Wawali Richard Canangkan Gerakan Nasional Pilot Project Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana

  • Whatsapp

Manado, megamanado-Walikota Manado, Andrei Angouw  bersama Ketua TP.PKK Kota Manado Ny. Iren Golda Angouw-Pinontoan didampingi Wakil Walikota dr. Richard Sualang bersama Sekretaris TP.PKK Kota Manado dr.Ny. Merry Mawardi, Sekretaris Daerah Kota Manado bersama Ketua DWP Kota Manado Ny. Anje Lakat-Mailoor mencanangkan Gerakan Nasional Pilot Project Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan bersama pemerintah wilayah Kecamatan/Kelurahan di Kota Manado.

Merupakan salah satu Program Prioritas Pemerintah Pusat bersama TP.PKK Pusat, TP.PKK Provinsi dan TP.PKK Kabupaten/Kota sebagai mitra kerja pemerintah serta pihak-pihak terkait dalam komitmen untuk menciptakan Keluarga sebagai pelopor perubahan dengan mewujudkan masyarakat yang sehat, berkualitas dan mandiri menuju pembangunan kesehatan SDM.

Project prioritas percepatan penurunan angka Stunting, Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA ) dan upaya menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masa Pandemi Covid 19.

Termasuk beberapa Pilot Project lainnya terkait Lingkungan dan Perencanaan Sehat untuk keluarga berkualitas yang  terintegrasi dalam Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana tahun 2021-2024.

Diharapkan dengan adanya gerakan Pilot Project ini akan terjadi peningkatan kesehatan keluarga, peningkatan kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah tangga dan peningkatan perencanaan sehat untuk  keluarga.

Wali Kota Manado ketika memberikan sambutan menyampaikan selamat kepada Tim Penggerak PKK atas Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 50. Wali Kota mengatakan bahwa harus berbangga dan berterima kasih atas pencapaian program-program PKK ditengah masyarakat.

Wali Kota juga berharap agar PKK menjadi contoh dalam rangka gerakan nasional yang menjadi pilot project dalam kaitan ketahanan keluarga.

“Keluarga adalah komunitas terkecil dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Disini peran PKK untuk hadir dalam rangka ikut membina keluarga untuk ikut serta mengidentifikasi hal-hal yang mengganggu ketertiban masyarakat seperti masalah kriminalitas,” jelas Walikota.

Wali Kota juga menyinggung soal kejahatan seksualitas kepada anak yang menjadi catatan khusus untuk Kota Manado. Wali Kota berharap agar hal ini ikut disikapi oleh PKK dan bisa berkoordinasi dengan elemen masyarakat lainnya agar dapat menekan masalah ini muncul ditengah-tengah keluarga.

Selesai sambutan Wali Kota Pencanangan Gerakan Nasional Pilot Project Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan Tahun 2022-2024 di Kota Manado.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan bagi kader PKK Utusan dari 11 Kecamatan yang ada di Kota Manado.

Hadir dalam acara ini Sekreraris Pemerintah Kota Manado DR. Micler C.S. Lakat S.H., M.H bersama ibu yang juga sebagai Ketua Dharma Wanita Kota Manado, para asisten, Kepala SKPD, para Camat dan Pengurus Tim Penggerak PKK Kota Manado.(qim)

Related posts