Irwan Hasan dan Poros Baru Salurkan Bantuan ke Petani Kelapa Talaud

  • Whatsapp

Melonguane, megamanado – Irwan Hasan (IH) bersama Yayasan Poros Baru Porodisa mulai merealisasikan program kerja tahun 20022. Sabtu (26/3/2022) lalu menyalurkan insektisida Spontan 400SL kepada petani kelapa di Pulau Salibabu dan Karakelang.

“Insektisida sebagai obat pencegah dan pembasmi hama ini diberikan Irwan Hasan dan disalurkan oleh Poros Baru Porodisa. Ini program awal tahun kami,” kata pimpinan utama Poros Baru Porodisa, Charles Edah dan Alfeyn Gilingan, Senin (28/3/2022) saat bersua di pelabuhan Manado.

Read More

Menurut Charles, tahap awal distribusi insektisida ini kepada petani kelapa di Pulau Salibabu. Distribusi awal ini untuk tujuh kepala keluarga di setiap desa yang prioritas sebagai penerima sesuai data yang sudah dihimpun tim lapangan Poros Baru Porodisa.

“Setiap keluarga petani diberikan satu botol insektisida. Isinya satu liter. Satu botol insektisida dapat digunakan untuk hampir seratus pohon kelapa jika itu dalam kondisi perawatan,” jelas Charles ikhwal pemanfaatan insektisida tersebut.

Charles menambahkan, penyaluran dilakukan oleh tim motivator kecamatan dan desa yang dibentuk Poros Baru Porodisa. Distribusi di Pulau Salibabu, langsung dikomando oleh Bachtiar Mappa, SE, MM dan Demokri Ada, S.Pd.

Sasaran distribusi adala petani kelapa di Desa Bitunuris dan Bitunuris Selatan. Bachtiwr didampingi motivator Kec Salibabu, David Namenti. Turut pula motivator Desa Bitunuris Induk, Maria Balaira Namu dan motivator Desa Bitunuris Selatan, Kristian Soeda serta dua orang motivator Kelurahan Lirung Satu, Dikson Maariwuth dan Ferdy Sanggamele.

Untuk distribusi insektisida di Pulau Karakelang, urai Charles lebih lanjut, sedang dijadwal oleh tim motivator Poros Baru Porodisa di pulau tersebut. “Distribusinya dalam waktu dekat ini,” katanya.

<span;>Adapun Irwan Hasan, merupakan figur muda yang komit dan ikhlas berbagi kasih dengan masyarakat Talaud. Visi berbagi kasih ini sebagai wujud kebersamaan dengan masyarakat Talaud sejak Poros Baru Porodisa mengusung misi perubahan untuk pemajuan Kabupaten Talaud.

Irwan Hasan yang kini menjalankan usaha jasa konstruksi dan melakoni pelayanan rohani, mengatakan bantuan kepada petani kelapa di Talaud merupakan upaya menyokong pertahanan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Rata-rata masyarakat Talaud memiliki lahan kelapa. Mereka butuh insektisida untuk mengendalikan hama. Kami adakan insektisida Spontan dan diberikan kepada petani kelapa,” katanya beberapa waktu lalu saat pertemuan finalisasi program Poros Baru Porodisa tahun 2022.

Sebagaimana diketahui, Spontan 400SL adalah insektisida racun kontak dan lambung berbentuk pekatan. Kemudian dapat diemulsikan, berwarna kuning jernih untuk mengendalikan hama penggerek batang. Untuk tahun 2022, IH bersama Poros Baru Porodisa akan mendistribusikan insektisida kepada petani kelapa sesuai kebutuhan dan data lapangan yang dihimpun tim Poros Baru Porodisa.

“Ini merupakan kerja bersama kami dengan rakyat dalam konteks Talaud Massaruwenten. Masyarakat Talaud harus maju, termasuk maju secara ekonomi. Dan ini partisipasi nyata untuk memajukan Talaud secara menyeluruh. Kami harus melakukan perubahan untuk masyarakat dan daerah,” kata Irwan (*/nji)

Related posts