SBSI Provinsi Sulut Gelar Rakowil

Manado, megamanado-Koordinator Wilayah (Korwil) Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (K-SBSI) Sulawesi Utara melaksanakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di Gedung Pikat Lt III Sario Manado, Kamis (21/10/2021).

Rakorwil ini adalah agenda tahunan Korwil (K) SBSI Sulut yang pelaksananya atau sebagai tuan rumah setiap Federasi SBSI Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Sulut dan saat ini dilaksanakan di Kota Manado dibawah koordinasi Ketua DPC FSBSI Kota Manado Inggrid Inge Walewangko

Rakorwil (K) SBSI ini bertujuan melaksanakan konsolidasi program serta mengkoordinasikan kerja-kerja organisasi selama setahun berjalan.

Peserta Rakorwil adalah Federasi SBSI Kota Kabupaten se Sulut yang pada saat ini ikut mendapatkan lembekalan dari Pimpinan Korwil Sulut.

Sebelum acara pembukaan, kegiatan diawali dengan laporan Ketua Panitia Erwin Tandayu S.E dan selanjutnya langsung diisi dengan materi dari Jamsostek yang menyampaikan hal-hal kerja Jamsostek sehubungan dengan ketenagakerjaan. Perlindungan terhadap pekerja ikut disampaikan terutama kaitan dengan Kecelakaan kerja dan kematian ikut disampaikan soal bagaimana tanggunan yang harus diterima pekerja atau keluarga/ahli waris.

Setelah acara Pembukaan dan acara organisasi, Rakorwil dilanjutkan dengan arahan oleh Ketua Korwil (K) SBSI Sulut Bung Lucky Ch.M. Sanger.

Ketua Korwil dalam arahan dan sambutanya menyampaikan berbagai aspek dalam rangka bagaimana menggerakan organisasi ini khususnya FSBSI yang ada di Kabupaten Kota untuk tetap semangat dalam rangka advokasi dan pembedayaan bagi Buruh yang ada diwilayahnya khususnya yang tergabung dalam Pengurus Komisariat disetiap wilayah kerja FSBSI Kabupaten Kota.

“Saya berharap agar soliditas selalu terjaga dan marilah kita berkontribusi untuk kepentingan para Buruh,” kata Sanger.

Ketua Korwil juga menyampaikan soal kesiapan kita mengikuti Kongres (K) SBSI di Bogor tanggal 5-7 November 2021 serta sepakat untuk membawa aspirasi Sulut dengan mencalonkan Johannes D. Pakpahan, S.H, M.H sebagai calon Ketua Umum KSBSI, Hendrik Hutagalung S.H sebagai calon Sekjen dan Lucky Ch.M Sanger sebagai calon Ketua Korwil KSBSI Sulut.

Selesai arahan Ketua Korwil, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kadis Nakertransda Sulut yang diwakili Kabid Hubungan Industrial (HI) Maya Ticoalu sekaligus membuka Rakorwil KSBSI Sulut tahun 2021 secara resmi.

Acara selanjutnya adalah pembekalan kepada peserta yang disampaikan Sekretaris Korwil Maarthen Lombogia dan Wakil Korwil Sulut Paulus Adrian Sembel.

Setelah rehat makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian laporan dan usulan-usulan setiap FSBSI Kabupaten Kota untuk dibawah pada pelaksanaan Kongres (K) SBSI Bulan Nopember 2021 mendatang.

Mengingat situasi dan kondisi saat ini masih terkait dengan wabah Covid-19, sehingga Rakorwil ini dilakukan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.(qim)

Related posts