Berantas! 29 Tenda Dibakar dan 32 Rendaman PETI Dimusnahkan Polres Mitra

  • Whatsapp

Ratatotok,Megamanado.com– Kepolisian Resor Minahasa Tenggara (Polres Mitra), kembali melakukan operasi penertiban Penambang Tanpa Izin (PETI) di lokasi Kebun Raya Megawati Soekarno Putri Ratatotok, Selasa (27/4/2021) pukul 11.30 wita.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolres Mitra AKBP, Dr.Rudi Hartono S.I.K, M.H, M.Si, melalui Kabag Ops, Kompol, Jendry Sermanus Lewan SE. Sebanyak 30 personil Polri gabungan Polres Mitra dan Brimob Polda Sulut, 4 anggota UPTD dan 3 anggota ormas APRI turun langung melakukan pembersihan di lokasi ex PT. Newmon tersebut.

Hal ini dilakukan berdasarkan surat perintah Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, nomor 467 llV/PA M 3.3./2021, tentang BKO Polres Bolmong dan Polres Mitra dalam kegiatan razia Pertambangan Tanpa Izin (PETI).

Salah satu dasar dari surat perintah razia PETI itu yakni telaan intelijen Sat Intelkam Polres Mitra Nomor. R/Tel In-01/111/2021 tanggal 24 Maret 2021 tentang penanganan Kebun Raya Megawati Soekarno Putri Ratatotok oleh Polres Mitra.

Dalam penelusuran, tidak satu pun PETI yang yang berhasil ditemukan. Diduga operasi kali ini sudah bocor sehingga mereka telah meninggalkan areal Kebun Raya.

Dari hasil penertiban, polisi berhasil membakar 29 tenda yang ditinggalkan para PETI dan memusnahkan 32 tempat rendaman.

Operasi penertiban Kebun Raya Megawati Soekarno Putri pun berjalan dengan lancar dan aman, kemudian berakhir pukul 15.30 Wita. (*/jap)

Related posts