Polres Mitra Pimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Minahasa Tenggara

Polres Mitra Pimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Minahasa Tenggara

Mitra,Megamanado.com– Kepolisian Resort Minahasa Tenggara (polres mitra) menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Minahasa Tenggara, bertempat di Aula Makopolres Mitra, Selasa (20/4/2021).

Dipimpin langsung Kapolres AKBP, Dr. Rudi Hartono, S.I.K, M.H, M.Si, rapat Koordinasi tersebut meghadirkan lintas Sektoral dan lintas Instansi terkait, TNI / Polri bersama Pemerintah Kabupaten Mitra, untuk meminimalisir dampak dari bencana seperti kerugian materil, korban jiwa serta kerusakan sarana dan prasarana umum lainnya.

Hal tersebut dilakukan agar dapat mengambil tindakan pencegahan serta dapat mengurangi tingkat resikonya. Seluruh Penanggulangan Bencana Daerah bukan hanya dilakukan oleh pemerintah akan tetapi juga dilaksanakan oleh masyarakat, lembaga usaha dan berbagai pihak yang terkait dengan penanggulangan bencana.

Karenanya, sumber daya manusia dengan kapasitas yang memadai serta memanfaatkan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana mutlak diperlakukan.

Kapolres Mitra Rudi Hartono dalam sambutannya mengatakan, dengan melihat situasi alam yang saat ini mengalami cuaca yang extrim maka kerjasama antar lintas sektoral dan instansi terkait itu sangat di butuhkan demi memberikan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat, kususnya warga mitra

Hal ini mengacu dari kejadian yang terjadi dengan melihat berbagai fenomena alam yang terjadi, maka harus diantisipasi bersama sama dalam menjaga mitra tetap aman dan nyaman

” Jika ada giat yang harus turun kelapangan  di harapkan agar di lakukan dengan kompak dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya ,” ucap Hartono.

Sementara Wakil Bupati Mitra Drs. joke legi mengatakan, bahwa selama ini Pemerintah Daerah (pemda) selalu  berkoordinasi dengan dinas terkait dalam menghadapi situasi alam dan cuaca extrim akhir – akhir ini serta selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu berhati – hari.

” Situasi alam yang sulit di prediksi akhir – akhir ini. Ini mengharuskan kita untuk lebih berhati – hati dan tetap siaga. Jika terjadi sesuatu maka segera diinformasikan,” Tukas Legi.

“Di beberapa dinas di Pemkab Mitra ada beberapa alat berat yang bisa di gunakan dalam penanggulangan bencana, seperti Excavator, Tronton , Loader. Jika diperlukan, maka itu bisa di gunakan,” imbuhnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut pula, Dandim 1302/ Minahasa Letkol Inf Heberth Andi Amino Sinaga S.I.P mengatakan, tujuan utama diadakan rapat ini dalam rangka menanggulangi bencana alam serta  mempersiapkan diri menghadapi masalah yang akan datang, maka pembagian tugas yang jelas termasuk kontrol peralatan yang ada sangat diperlukan

” Sebelum menghadapi keadaan darurat bencana kita harus bisa memastikan kelayakan peralatan yang ada. Jangan sampai punya alat berat tapi rusak berat,” gurau Sinaga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, PJU Polres Mitra, Sekda Mitra, Asisten 1 Pemkab Mitra, beberapa Kepala Dinas Pemkab Mitra, beberapa Camat dan Hukum Tua serta perwakilan Ormas. (*/jap)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply