Cari Solusi Permasalahan Sampah, DPRD Manado Tinjau Progres Pembangunan TPA Ilo-Ilo Wori

Personil Komisi III DPRD Manado

Manado, megamanado.com-Pembuangan sampah menjadi permasalahan serius di Manado beberapa tahun terakhir. Permasalahan ini juga menjadi perhatian utama Komisi III DPRD Manado.

Para wakil rakyat di Komisi III berharap pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Ilo-Ilo Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) cepat rampung.

Read More

Mengetahui progres pembangunannya, personil Komisi III meninjau langsung pembangunan TPA tersebut, Jumat (22/1/2021).

Kegiatan turun lapangan atau turlap di TPA Regional Ilo-Ilo Wori ini dipimpin langsung Ketua Komisi III Ronny Makawata, Sekretaris Royke Anter dan anggota Lucky Datau, Jean Sumilat dan Mona Kloer.

Menurut Lucky Datau, permasalahan sampah di Kota Manado yang tidak kunjung selesai, membuat pihaknya sangat berharap TPA Ilo-Ilo Wori menjadi solusinya.

“Tadi kami Komisi III DPRD Kota Manado baru saja selesai rapat internal. Rapat tersebut terkait dengan permasalah sampah yang tidak kunjung selesai, kemudian diputuskan untuk ditindaklanjuti dengan mengunjungi pembangunan TPA Regional Ilo-Ilo,” ujar Lucky.

Dari informasi pelaksana pembangunan TPA Ilo-Ilo Wori, Lucky Datau mengatakan pembangunan ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2021.

“Progres pembangunan TPA Ilo-Ilo Wori yang dimulai pekerjaannya pada bulan Oktober 2020 yang lalu, sekarang baru 14 persen,” ucapnya.

“Waktu pekerjaannya ada 445 hari kalender, sekitar 14,8 bulan. Jadi sekitar bulan Desember baru bisa rampung dan TPA Regional Ilo-Ilo sudah bisa difungsikan,” tambahnya.

Mewakili masyarakat Kota Manado, legislator dari daerah pemilihan Wenang dan Wanea ini mengapresiasi kepedulian Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawa kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey terhadap permasalahan sampah di Kota Manado.

Kepedulian Olly dibuktikan dengan program pembangunan TPA Ilo-Ilo Wori, Kabupaten Minut menjadi super prioritas dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk tahun anggaran 2020-2021.

“Kita berharap pembangunnya berjalan lancar sehingga permasalahan sampah di Kota Manado dapat segera teratasi,” ujar Lucky. (ridwan/liputan khusus)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *