Pilkada Berjalan Baik, Pengamat Apresisasi Kinerja KPU Manado

Stenly Sendouw (Foto: dok SS)

Manado, megamanado.com-Pengamat politik Stenly Sendouw mengapresiasi kinerja KPU Manado yang telah melaksanakan Pilkada serentak 9 Desember 2020.  Kinerja penyelenggara pemilu yang baik menurut Stenly telah memberi kepercayaan kepada warga untuk berpartisipasi secara aktif.

“Partisipasi warga yang meningkat, pelanggaran yang mulai berkurang dan sportifitas antarpasangan calon menjadi pertanda kualitas demokrasi yang semakin baik. Harus diakui jika sosialisasi yang dilakukan KPU Manado selama ini berjalan baik,” ucap Stenly kepada megamanado, Kamis (24/12/2020).

Read More

Data KPU Manado menunjukkan jika angka pemilih memang naik sekira hampir 20 persen dibandingkan periode 5 tahun lalu. Pelanggaran juga makin sedikit dan beberapa paslon menunjukkan sportifitas.

Komisioner KPU Manado Divisi SDM dan Parmas, Ismail Harun mengatakan bahwa Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 mencapai hingga 74% sekian.

“Jika dibandingkan dengan Pilkada 2015, Partisipasi Pemilih hanya sekira 50-an%, otomatis di tahun ini banyak masyarakat yang antusias untuk menggunakan hak pilihnya,” terangnya.

Menurut Harun, melihat meningkatnya angka Partisipasi Pemilih di tahun ini menandakan bahwa berhasilnya Sosialisasi yang dilakukan KPU selama ini, walaupun di tengah situasi dan kondisi dilanda pandemi.

“Sekira 74% sekian masyarakat yang menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember lalu, tidak khawatir dan percaya bahwa pelaksanaan pemungutan suara berjalan sesuai protokol kesehatan,” pungkasnya. (*/buf)

Related posts