DPD Demokrat Sulut Sampaikan SK PAW Franseska Kolanus

Manado, megamanado.com-DPP Partai Demokrat akhirnya mengeluarkan  surat keputusan (SK)  pergantian antar waktu (PAW) kadernya di DPRD Manado, Franseska Julia Kolanus. Legislator dari daerah pemilihan (Dapil) Singkil dan Mapanget itu di-PAW berdasarkan SK DPP Nomor 346/SK/DPP.PD/XI/2020 tentang PAW Anggota DPRD Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Sekretaris DPD Demokrat Sulut Billy Lombok SH saat membacakan SK tersebut menyebut PAW Kolanus karena yang bersangkutan telah melanggar perintah partai dan melakukan tindakan yang bertentangan dengan AD/ART Partai Demokrat.

Read More

“Kami menyampaikan ini kepada masyarakat umum dan khalayak, bahwa DPP Demokratmengeluarkan SK tentang pemberhatian dan pergantian antar waktu anggota DPRD Manado atas nama Franseska Julia Kolanus,” kata Billy dalam acara media gathering di Top Up Cafe Tikala, Minggu (29/11/2020).

Secara eksplisit, Kolanus di-PAW karena disinyalir melakukan tindakan pembangkangan di Pilkada Manado.  Ia disebut mendukung calon lain ketimbang kandidat yang diusung Demokrat yakni Mor Dominus Bastiaan dan Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

“Ibu Fransiska Kolanus akan digantikan oleh peraih suara kedua terbanyak yakni Ibu Cicilia Longdong,” kata Billy yang  didampingi Direktur Eksekutif PD Sulut Linda Somba, DPD PD Manado Lily Walandha dan Vanda Pinontoan.

Hanya saja, Franseska Julia Kolanus saat ini masih tercatat sebagai Anggota DPRD Kota Manado sampai SK PAW itu ditindaklanjuti DPC Demokrat Manado dan dilakukan upacara PAW secara resmi melalui forum paripurna DPRD Manado.

Kolanus diketahui merupakan suara terbanyak di internal Partai Demokrat Manado dengan  3.001 suara. Selama menjabat, ia duduk di Komisi IV yang membidangi kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan rakyat. Ia juga sempat dipercaya duduk  di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Manado.

Adapun Cicilia Longdong yang akan menggantikannya merupakan politisi yang sudah cukup berpengalaman.  Terpilih pada periode 2009-2014 kemudian 2014-2019. Di periode 2014-2019, Cicilia Longdong bahkan sempat dipercayakan sebagai Ketua Sementara DPRD Manado.

Pengusaha kuliner dan properti itu belum banyak berkomentar terkait urusan PAW ini. Namun begitu, Longdong mengaku siap bila akhirnya nanti akan menggantikan Kolanus di DPRD Manado. (*/nji)

Related posts