Tidak Ada Layanan Transportasi Laut Selama Dua Tahun, Warga Pulau Kakorotan Merasa Dianaktirikan

Dermaga Pulau Kakorotan yang tak pernah disinggahi kapal perintis dalam dua tahun terakhir ini (Foto: JUN/MMC)

Talaud, megamanado.com-Masyarakat Pulau Kakorotan, Kabupatan Talaud kembali menyampaikan harapan mereka.  Harapan itu soal adanya layanan transportasi laut di Pulau Kakorotan.

Maklum, sudah dua tahun terakhir ini tak ada layanan transportasi laut di pulau tersebut. Dampaknya masyarakat seperti terisolasi.

Read More

Kerinduan agar ada layanan kapal perintis masuk ke dermaga Kakorotan sudah sering disampaikan di sosial media. Masalah ini juga sudah beberapa kali diberitakan sejumlah media, termasuk megamanado. Namun, tetap saja tak ada perhatian dari pemerintah

Anto Riug (ist)

Kondisi ini membuat Pulau Karokotan merasa dianaktirikan. “Ya, warga Desa Kakorotan seperti dianaktirikan di negara ini. Sudah dua tahun dermaga di Pulau Karokotan tidak disinggahi kapal perintis,” kata Anto Riung, warga Desa Kakorotan kepada megamanado, Senin (16/10/2020).

Akibat tak adanya kapal perintis tersebut, warga mengalami kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan hidup mereka. “Pasolkan beras, sembako lainnya dan minyak tanah terkendala. Kami hidup dalam penderitaan,” ujar Anto.

Masyarakat Kakokorotan menurut dia sudah menyampaikan permohonan kepada pemerintah pusat, provinsi, dan daerah. Mmasyarakat Desa Kakorotan juga sudah beberapa kali memposting masalah pelayanan kapal di sosial media.  “Terkadang warga mempertanyakan apakah mereka masih dianggap warga negara Indonesia,” ucapnya.

Ia membenarkan jika sempat diberikan jadwal kapal perintis masuk ke Kakorotan. Namun, sampai saat ini, tidak ada pelayanan kapal perintis. “Alasan dari pihak PELNI, mesin kapal rusak,” katanya. Anto.

Anto berharap pemerintah dapat memberikan pelayanan kapal perintis subsidi supaya penderitaan masyarakat Pulau Kalorotan berakhir. “ Jika sudah kapal perintis, akses masyarakat akan terbuka,” ucap Anto lagi. (*/jun)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *