Ketua Komisi IX DPR RI Penuhi Panggilan Bawaslu Minsel

Felly Estelita Runtewene (Foto: istimewa)

Amurang, megamanado.com– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melalui Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran, resmi memanggil Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene (FER) dan Paslon Top Eksekutif Minsel, Michaela E. Paruntu dan Ventje Tuela (MEP-VT).

Panggilan ini terkait laporan kegiatan kampanye yang ditengarai dibarengi kegiatan pembagian bahan pokok bertuliskan lembaga negara BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Bantuan pemerintah untuk warga terdampak Covid-19 tersebut tidak diperkenankan dimanfaatkan kontestan Pilkada.

Read More

FER sendiri merapat ke Kantor Bawaslu Minsel sekitar pukul 14.00 Wita, Jumat (30/10) menumpangi Mobil Toyota Alphard. Politisi Nasdem ini kemudian masuk ke ruangan Penanganan Pelanggaran Pilkada. Sekitar sejam lamanya FER diperiksa tim dari Bawaslu.

Kordiv Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Minsel, Franny Sengkey selaku Ketua Tim Pemeriksa, membenarkan adanya pemeriksaan terhadap FER. Pemeriksaan tersebut menurut Sengkey didasarkan atas laporan warga yang diregistrasi kemudian disepakati dalam rapat pleno pimpinan Bawaslu, yang terdiri dari Eva Keintjem selaku ketua dan Abdul Majid Mamosey.

“Prinsipnya ketika dokumen laporan masuk di divisi saya, itu sudah hasil dari seijin Pak Aji dan Ibu Eva selaku ketua,” ujar Sengkey.

Dia menambahkan, pembuktian itu didasarkan lewat undangan klarifikasi dan perintah memeriksa yang ditandatangani Ketua Bawaslu Minsel, Eva Keintjem.

Selain Felly Runtuwene, ikut diperiksa Calon Bupati Minsel, Michaela E. Paruntu  dan Wakil Bupati Ventje Tuela (MEP-VT).

Namun detail pemeriksaan terhadap FER dan MEP-VT, tidak disebutkan Sengkey. “Saya belum mau memberikan pernyataan lebih, sebab semua masih berproses di Sentra Gakkumdu,’’ tukasnya.

Bawaslu Minsel menurut Putra Tompasobaru ini bekerja sesuai prosedur dan ketentuan sesuai aturan yang ada. “Siapapun yang dilaporkan melanggar, kami proses tanpa pandang bulu,” tegasnya. (*/alc)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *