ROR Instruksikan Tiap Desa Bentuk Tim Independen Kawal Bantuan Pemerintah

Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring (Foto: Min Comand Center)

Tondano, megamanado– Bupati Minahasa, Dr Ir. Royke Octavian Roring (ROR) menginstruksikan setiap desa membentuk tim independen untuk mengawal bantuan pemerintah. Instruksi itu disampaikan ROR saat memimpin rapat optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan desa dan penanganan Covid-19, Senin (20/4/2020).

Rapat yang dilaksanakan melalui video conference tersebut diikuti oleh Forkopimda Minahasa, FKUB Mianahasa, Sekrertaris Daerah, Frits Muntu, S.Sos, Asisten 1, Dr. Denny Mangala, jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, camat, hukum tua serta lurah se-Kabupaten Minahasa.

Read More

“Tim independen di desa itu harus melibatkan semua elemen masyarakat. Jadi tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda perlu diajak,” ujar ROR.

Secara khusus ia mengingatkan memperingatkan lurah dan hukum tua untuk tidak menggelembungkan data terkait penerima bantuan. “Data-data harus diumumkan dulu di masyarakat desa dan dikoreksi lewat musyawarah desa. Selanjutnya dibawa ke kantor bupati untuk di kirim ke kementerian agar tidak ada lagi protes dari masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ROR  memberikan  penghargaan dan rasa bangganya kepada seluruh perangkat pemerintahan baik camat, hukum tua/lurah yang berada di garis depan, bekerja sama dengan polsek dan koramil dan Forkopimda serta dukungan penuh dari pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Minahasa.

“Kita bersatu dan harus punya semangat. Jangan kalah dengan pandemi corona ini,” ucapnya.

Sebagai bentuk keriusan Pemkab Minahasa mengatasi penyebaran virus membahayakan itu, sudah dua kali mengadakan pergeseran anggaran yang totalnya Rp 22 miliar lebih dan revisi anggaran yang selanjutnya akan berkisar Rp 29-30 miliar. Pemkab Minahasa juga sudah menyalurkan bantuan ke masyarakat.

“Kita bersyukur atas kebijakan bapak presiden lewat kementerian untuk mengalokasikan anggaran untuk social safety net, sehingga kita boleh berharap semuanya itu boleh di terima oleh tangan yang tepat,” ucapnya.

Orang nomor satu di Minahasa berharap jalinan koordinasi tak putus sehingga bantuan tersebut tersalur dengan baik. “Jika masih ada yang tidak tercover oleh program dari kementerian, maka Pemkab Minahasa akan melengkapinya,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut bupati memberikan apresiasi kepada perangkat desa dan kelurahan yang sudah membatasi ruang gerak antardesa untuk menjaga keamanan dari warga desa dan kelurahan. “Saya harap ini terus dilakukan dengan catatan yang berlebihan.  Yang penting dalam pencegahan covid-19 adalah disilpin dalam menjalankan social distancing,” ujarnya.

ROR tak lupa menyampaikan Selamat Paskah bagi umat Kristiani. “Kiranya makna paskah ini menjadi pengharapan bagi kita masyarakat Kabupaten Minahasa agar bisa melewati pandemi Covid-19,” katamya.

Bupati juga menyampaikan selamat memasuki bulan suci Ramadhan dan selamat menjalankan ibadah puasa. “Kiranya ibadah puasa yang dijalankan umat muslim di Minahasa boleh bermakna dan membawa berkat bagi Kabupaten Minahasa,” ujar ROR. (dow/mcm/nji)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *