Bansos Dikeluhkan Warga, Royke Kaloh: Jangan Coba-coba Manipulasi Data

Kadis Sosial Minahasa Royke Kaloh (Foto: GS/MMC)

MINAHASA, Megamanado-Dinas Sosial Minahasa merespon keluhan warga soal bantuan sosial (Bansos) yang ditengarai tidak tepat sasaran. Kadis Sosial Royke Kaloh menegaskan bansos harus terdistribusi dengan baik. 

“Jangan coba-coba manipulasi data. Penyalurannya berdasarkan data Terpadu Kesejahteraan Sosial (TKS). Data itu atas sepengetahuan pemerintah desa dan kelurahan,” kata Kaloh kepada wartawan  Senin (13/4/2020).

Read More

Melalui bansos tersebut, pemerintah ingin semua warga terdampak corona virus desease atau covid-19, terutama yang kurang mampu bisa terbantu. “Bilamana ada keluarga yang belum mendapatkan bansos tahap pertama, akan menerima pada tahap kedua nanti,” ucapnya. 

Kalo mengingatkan semua pihak untuk tidak menyalahgunakan bansos tersebut. Menurut dia, perubahan data TKS hanya bisa dilakukan melalui proses musyawarah desa atau kelurahan. 

“Perubahan data sesuai usulan seperti ada warga yang meninggal atau data ganda. Keluarga mampu dapat dikeluarkan kemudian digantikan dengan keluarga miskin. Jadi, saya mohon kiranya masyarakat dapat memakluminya,” imbuhnya.

Secara garis besar penyaluran bansos itu untuk pekerja informal seperti ojek, sopir, kusir bendi, tukang dan bagi mereka yang masuk keluarga Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). “Sekali lagi data TKS adalah dasar pemberian bantuan kepada mereka yang membutuhkan,”  ungkapnya.

Sementara warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), tidak termasuk dalam penerima bantuan covid-19. Mereka ini sudah terlebih dahulu menerima bantuan dari pusat melalui dinas sosial.

“Untuk penerima BPNT dari pemerintah pusat berupa sembako. Jika diuangkan setiap bulan sebesar Rp150.000. Saat ini, naik menjadi Rp200.000 per bulan. Sedangkan PKH dari tiga bulan sekali menerima, kini dimajukan setiap bulan. Itu semua untuk penanganan dan penyebaran covid-19 di Kabupaten Minahasa,” pungkasnya. (*/nji)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *