Hadiri Musrembangnas di Jakarta, Gaghana Minta Sangihe Jadi Prioritas

Bupati Sangihe Jabes Gaghana (tengah) serius mengikuti pemaparan materi pada acara Musrembangnas di Jakarta (foto: ist)

JAKARTA– Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana ME, menghadiri langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 di Hotel Shangri-La Jakarta Pusat, Kamis (9/5) kemarin. Kegiatan ini dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Hadir pada kesempatan tersebut pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri, kepala lembaga pemerintah non-kementerian, para gubernur se-Indonesia, bupati/walikota serta para elit pemerintahan lainya.

Read More

Musrenbangnas bertema Peningkatan Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Berkualitas ini dilaksanakan tanggal 9-14 Mei 2019 dan rencananya akan ditutup oleh Wapres Jusuf Kalla.

Bupati Sangihe menjelaskan, sesuai dengan arahan bapak presiden, pelaksanaan Musrenbangnas 2019 telah menggunakan pendekatan money follows program, asas manfaat, serta perencanaan secara holistik, ematik, terintegrasi, dan berbasis spasial.

“Pelaksanaan musrenbangnas merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan Musrenbang di tingkat kabupaten kota dan provinsi,” jelas Gaghana.

Bupati juga menyampaikan pentingnya Musrenbang bagi pembangunan daerah. Menurutnya dari sinilah pemerintah menyusun rencana kerja tahun berikutnya yang berintegrasi dengan program pemerintah pusat.

Dia berharap Kabupaten Sangihe bisa mendapat prioritas dalam Musrenbang ini. “Melalui ini kita akan tahu apa saja program maupun rencana kerja yang dianggarakan oleh pemerintah pusat. Kita tentu berharap Kabupaten Sangihe bisa mendapat periotas dalam program-program pusat di 2020 mendatang”, ungkapnya.

Seperti diketahui, Undang Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (UU SPPN) mengatur tahapan proses penyusunan rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan. Salah satu tahapan terpenting yang menjadi bagian dalam proses tersebut adalah Musrenbangnas. (eky)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *