Performa Baik, Jerry Sambuaga Didapuk FPP sebagai Politisi Terbaik dan Paling Menjanjikan

Jerry Sambuaga saat rapat Komisi 1 DPR RI (foto: dok JS)

MANADO-Kiprah Jerry Sambuaga di DPR RI dan pusat menjadi perhatian banyak kalangan, tak terkecuali Forum Pemantau Parlemen (FPP).Organisasi yang khusus memantau kinerja para wakil rakyat di legislatif ini menilai salah satu wakil Sulawesi Utara (Sulut) itu menunjukkan performa yang baik.

FPP pun mendapuk Jerry sebagai politisi Senayan Terbaik dan Paling Menjanjikan. “Iya, performanya sangat baik. Absensi di Sekretariat DPR RI menunjukkan Jerry tak pernah absen dalam pertemuan penting atau hearing dengan mitra terkait. Absensi yang hampir 100 persen tersebut selaras dengan kekritisan Jerry menyikapi berbagai persoalan bangsa,” kata Sonny Undap, Ketua FPP kepada wartawan di Manado, Jumat (22/2/2019).

Read More

Jerry Sambuaga diketahui dilantik menjadi anggota DPR RI pada Juli 2018. Putra mantan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Perumahan Rakyat Theo Sambuaga ini masuk melalui proses pergantian antarwaktu (PAW). Ia menggantikan sahabat baiknya, Aditya Didi Moha (ADM).

Jerry Sambuaga (tengah) sebagai wakil TKN Jokowi-Ma;ruf Amin di Kompas TV (foto: nji)

Berlatar akademisi, Jerry cepat beradaptasi dengan ratusan wakil rakyat lainnya di gedung Nusantara. Kiprahnya langsung menyita perhatian publik. “Selain rajin, ia getol memperjuangkan aspirasi masyarakat dari daerah pemilihannya. Ia juga tak sungkan menyampaikan kritik atau keberatannya atas suatu usulan undang-undang yang dinilainya sulit diterapkan,” ucap Sony.

Salah satu yang paling diingat warga menurut Sony tatkala Jerry dengan tegas meminta rekan-rekannya di Komisi VIII DPR RI mencabut dua pasal, 69 dan 70 yang mengatur persyaratan ibadah sekolah minggu dan katekisasi dalam RUU Pendidikan Agama. Jerry terbilang anggota DPR RI pertama yang menyampaikan keberatannya atas dua pasal tersebut.

“Setelah Jerry menyampaikan keberatannya, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla angkat bicara. Kedua pemimpin Indonesia ini sepakat tak boleh ada aturan yang menghambat warganya menjalankan ibadah,” kata Sony.

Alasan mengapa FPP memilih Jerry karena kesungguhan Wakil Sekjen DPP Partai Golkar ini dalam bekerja dan melayani konsituennya. “Baru beberapa bulan di DPR RI, Jerry sudah menyisir ratusan titik di Sulut, Aspirasi yang diterima dari masyarakat, ia catat dan perjuangkan di pusat,” kata Greinny Sambur, Bendahara FPP.

Jerry juga menyita perhatian publik karena kecerdasan dan integritas atau kepribadiannya yang mengagumkan. Wakl Ketua DPP AMPI Ini sering diundang jadi narasumber di sejumlah telivisi nasional, baik dalam kapasitasnya sebagai anggota DPR RI maupun sebagai perwakilan DPP Partai Golkar atau juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Analisa dan pemaparannya selalu disertai data. Ia menyampaikannya dalam bahasa yang mudah dicerna. Itu sebabnya ia paling laris jadi pembicara dalam berbagai forum nasional dan internasional,” ujar Sony.

Pendiri The Zoom Strategist Jakarta ini dalam catatan FPP adalah adalah wakil rakyat dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang paling sering tampil jadi narasumber di telivisi nasional. “Ia cerdas dan berintegritas.Jerry Sambuaga politisi paling menjanjikan,” kata Sony. (nji)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *