Bahas Absensi dan Tunjangan Guru, DPRD Manado Gelar Hearing dengan Dinas Pendidikan

Ketua Komisi D Apriano Saerang memimpin hearing dengan Dinas Pendidikan Manado (foto: gnc/ist)

MANADO-DPRD Kota Manado melalui Komisi IV yang membidangi kesejahteraan rakyat menggelar hearing bersama Dinas Pendidikan Nasional (Diknas), Rabu (23/1/2019).

Hearing tersebut terkait Permendikbud Nomor 10 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru PNS Daerah.

Read More
Komisi D DPRD Manado bersama Wakil Ketua DPRD Manado Richard Sualang saat kunjungan kerja ke Kementerian Pendidikan (foto:ist)

Pertemuan ini juga membahas absensi guru langsung dipantau oleh dinas pendidikan dan Kemendikbud karena sudah online. Absensi tersebut akan dijadikan pertimbangan Kemendikbud untuk kenaikan pangkat guru termasuk tunjangan.

Berdasarkan hal itu, Ketua Komisi D DPRD Kota Manado, Apriano Ase Saerang meminta dinas pendidikan Manado agar mensosialisasikan aturan tersebut kepada guru se-Kota Manado.


Setiap ada masalah di bidang pendidikan, Komisi D selalu menggelar hearing dengan Dinas Pendidikan Manado (foto: ist)

“Karena itu guru wajib berada di sekolah selama 8 jam. Supaya ketika pengurusan sertifikasi tidak terlambat. Apalagi sekarang absen sudah terkoneksi dengan kementerian,” kata Apriano Ade Saerang.

Selain itu, dirinya juga meminta daftar hadir setiap guru. Karena berhubung penggadaan perangkat absen online disediakan sekolah dengan menggunakan dana BOS.

Ketua DPRD Manado Noortje Van Bone dan sejumlah guru di Manado (foto: ist)

Upaya DPRD Manado menggelar hearing dengan dinas pendidikan mendapat sokongan dari banyak kalangan. Melalui hearing, DPRD Manado menurut Terry Umboh bisa mengetahui kesiapan dinas pendidikan dalam menggenjot sektor pendidikan di Manado.

“Ingat mutu pemdidikan di Manado sedang dipertanyakan. Harus ada upaya dan langkah terukur untuk mengembalikan kejayaan pendidikan di ibukota provinsi Sulut,” ujar aktivis vokal ini.

Wali Kota Manado Vicky Lumentut didampingi Ketua DPRD Manado memantau proses belajar mengajar di sekolah (foto: ist)

Dengan pengawasan efektif dari DPRD Manado,Terry optimistis mutu pendidikan di Manado akan kembali terangkat.”DPRD Manado memang harus menjalankan fungsinya dengan baik, tak hanya soal penetapan anggaran dan legislasi, tetapi juga di bidang pengawasan,” kata Terry lagi. (buferland turangan/liputan khusus)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *