Dies Natalis ke-58, SMAN 1 Siap Go Internasional

Suasana perayaan HUT SMAN 1 Manado (foto: ist)

MANADO-SMAN 1 Manado sukses gelar Dies Natalis ke-58. Adapun acara puncak dilaksanakan di hall sekolah dengan ditandai atraksi kesenian siswa dan penyerahan piala kepada para pemenang.

Kepala SMAN 1 Manado Dra Sherly Kalangi MSi menyebutkan, perayaan Dies Natalis tahun ini sangat meriah. Hampir seluruh jajaran pemerintah daerah turut mendukung suksesnya acara ini.“Saya sangat bersyukur karena acara puncak berlangsung meriah,” ungkapnya.

Read More

Ini menandakan SMAN 1 akan semakin berjaya dengan siswa berkualitas. SMAN 1 berkomitmen untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan. Baik akademik maupun ekstra kurikuler. Olehnya mengedepankan kualitas pendidikan untuk menuju Sulut Hebat menjadi prioritas.

Terbukti, pada 2018 ini, SMAN 1 Manado telah mengutus dua siswa untuk mengikuti belajar di Jerman dan tiga orang guru yang juga mengikuti kegiatan di Jerman. “Ini berarti SMAN 1 Manado selalu go internasional,” ungkap Kalangi di sela giat Dies Natalis 2018, yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Manado, Jumat (21/9/2018).

Selain itu, Kalangi juga mengatakan SMA Negeri 1 Manado, dalam usia 58 tahun akan makin dewasa.“Bagian penting yang menjadikan SMA Negeri 1 Manado berada di usia 58 kiranya makin dewasa, makin memiliki karakter dalam kegiatan setiap hari dengan segala eksistensinya,” ujarnya sambil menambahkan bahwa setiap sukses yang dicapai tak lepas dari kerja sama semua guru, staf tata usaha, seluruh siswa maupun seluruh stakeholder maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Pendidikan yang selalu memberikan petunjuk dan arahan.

“Terima kasih kepada Pemprov Sulut Sudah memberikan bantuan pelaksanaan UNBK melalui teleconference  tingkat provinsi yang dihadiri langsung Bapak Gubernur Olly Dondokambey SE,” tukasnya.

Menariknya, SMAN 1 Manado, kata Kalangi merupakan sekolah yang memiliki jumlah siswa terbanyak di seluruh Indonesia dengan jumlahnya 2.096. Dengan jumlah peserta ujian tahun ini sebanyak 911.

Kalangi juga menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulut, karena pada pelaksanaan ujian berbasis komputer April lalu sudah memberikan sumbangan laptop sebanyak 40 unit. Sehingga jumlah komputer yang ada di SMA Negeri 1 Manado, berjumlah 126 unit.

“Pelaksanaan ujian nasional tahun ini , dengan siswa 911, maka jumlah komputer tidak akan cukup. Karena itu kita membutuhkan komputer sebanyak 310 unit, namun dalam pemenuhan komputer ini kami secara mandiri sudah berupaya melakukan penambahan unit komputer melalui kegiatan Edu Fair yang dilaksanakan tahun lalu dan hasil kegiatan tersebut dapat dibeli  5 unit komputer PC” jelasnya.

“Kami juga akan melaksanakan Edu Fair bulan Oktober 2018 nanti, berharap mendapatkan bantuan dana yang juga untuk pembelian komputer 10 unit,” imbuhnya.Sudah melaksanakan berbagai kegiatan untuk menggali potensi siswa Melalui teknik maupun non akademik semoga SMAN 1 Manado makin hebat di kemudian hari kita tetap bekerja sama bersinergi dalam melangsungkan tugas kerja.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, Ferry Sangian SSos mengatakan agar di momen Dies Natalis ke-58, SMAN 1 Manado, mampu bersaing di era globalisasi sehingga menjadi generasi hebat di masa depan.

“Dies Natalis ke 58, menjadi momen refleksi dan evaluasi bagi SMAN 1 Manado. Terutama dalam berbagai kebijakan program dan kegiatan yang dilaksanakan. Sehingga dengan perbaikan akan membawa sekolah ini semakin mengukir prestasi dan akan menjadi barometer pendidikan dan contoh sebagai sekolah unggulan di daerah maupun nasional,” tandasnya.

Ketua Panitia Dra Jennie Pratasik mengatakan Dies Natalis dirangkaikan dengan 12 kegiatan, antara lain, pidato Bahasa Inggris, story telling, pidato Bahasa Indonesia, poster, jalan sehat dan olahraga lainnya hingga kebersihan lngkungan. (buf)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *