Manado Urutan ke-13 dari 15 Kabupaten/Kota di Sulut, Sualang Minta Dinas Pendidikan Lakukan Evaluasi

Wakil Ketua DPRD Manado Richard Sualang (foto: ist)

MANADO-Kota Cerdas, itu sebutan untuk Manado. Namun, capaian Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 lalu tidak mencerminkan sebutan itu. Dari 15 kabupaten/kota di Sulut, Manado hanya menempati urutan atau rangking ke-13.

Berdasarkan data, nilai rata-rata dari 7.858 pelajar Manado yang mengikuti UNBK pada 2017 lalu tak sebaik daerah lain.  Simak data ini, nilai rata-rata Bahasa Indonesia 57,34, bahasa Inggris 47,30, Matematika 39,50 dan IPA 43,85 dengan total 187,99.

Read More

Hasil mengecewakan tersebut sangat disesalkan para wakil rakyat Manado. “Manado sebagai ibukota provinsi harusnya menempati peringkat pertama. Berada di urutan ke-13, sungguh memalukan,” kata Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang saat dihubungi media ini, Selasa (13/3/2018).

Ketua DPC PDIP Manado ini dengan tegas meminta Pemerintah Kota (Pemkot), khususnya Dinas Pendidikan Kota Manado untuk segera mengevaluasi sistem pendidikan di sekolah-sekolah, guna memperoleh hasil yang baik pada UNBK 2018 ini.

“Ternyata Dinas Pendidikan sudah memegang hasil ini sejak akhir tahun 2017 yang diserahkan Bapelitbang Kemendikbud. Hasil ini kami tahu saat kunjungan ke Kemendikbud. Kami berharap ada action dari Dinas Pendidikan. Harus diutamakan mutu sekolah, bukan mementingkan fisik bangunan sekolah,” katanya. (rey/nji)

Related posts