KKK dan Wanita Kawanua Bantu Biaya Perawatan Daniel Tumuyu di Rumah Sakit

  • Whatsapp
Perwakilan KKK dan Wanita Kawanua menjenguk Daniel Tumuyu di Rumah Sakit Persahabatan (foto: donny L0

JAKARTA-Hidup tolong-menolong adalah sikap terpuji dari setiap umat manusia. Karena tidak ada seorangpun yang dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Sifat ini juga sejatinya adalah kharakter Tou Kawanua sejak dulu, walau dalam perkembangannya telah banyak mengalami perubahan. Namun di tengah kerasnya hidup di perantauan termasuk Jakarta ternyata masih tertanam kuat sifat kepedulian membantu sesama.

Penyerahan bantuan dari Wanita Kawanua ke pengurus KKK untuk pengobatan Daniel Tumyuyu di Rumah Sakit Persahabatann (foto:donny l)

Minggu (24/9/17), Vera Sanger dan beberapa pengurus Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) saat sedang melakukan pertemuan di Rawasari Jakarta Timur, dikejutkan  dengan informasi bahwa ada seorang warga Kawanua yang terbaring sakit di rumahnya.

Rupanya warga dimaksud bernama Daniel Tumuyu berusia 68 tahun, sudah berapa hari terbaring lemah karena. Tumuju hanya tinggal berdua bersama anaknya  keaulitan berobat ke rumah sakit karena faktor pembiayaan. “Basten menyampaikan kalau sudah beberapa hari ayahnya sakit, tapi ia tak bisa berbuat banyak untuk berobat,” kata Vera saat dihubungi Rabu (27/9/2017).

Vera dan Wakil Ketua Umum KKK, Rudy Sumampouw serta beberapa pengurus lainnya pun membawa Om Daniel ke Rumah Sakit Persahabatan. “Kami tidak berpikir siapa orang ini yang penting harus segera di tolong, apalagi torang sama-sama di rantau, “ujar Vera.

Setelah di rumah sakit, lanjutnya, mereka segera menginformasikan kepada warga Kawanua lainnya, menyangkut pembiayaan . “Syukur pada Senin(25/9) malam, dari organisasi Wanita Kawanua dengan Ketua Umum Ibu On Markadi datang memberi donasi sebesar tiga belas juta lima ratus rupiah, ”  katanya.

Penyerahan donasi diwakili Ny Vonne Wakari-Rumambi dan Pdt. Threisye Mambu. Sementara dari  pengurus KKK selain Vera Sanger yaitu Sekretaris Jenderal Ayub Yunus, Wakil Ketua Umum Rudy Sumampouw dan Pdt Audy Wuisang, lalu Wakil Sekjen Donald Sendow, Wakil Sekjen Bidang Sosial Herry Alen dan Wakil Bendahara Umum Bidang Sosial Pdt Meyke Lempas.

“Mungkin tidak dapat sepenuhnya Om Daniel, tapi setidaknya  bisa meringankan. Padahal ini berawal dari ketidak-sengajaan,” ujar Sekjen KKK, Ayub Yunus.

Hampir senada dengan itu mantan Sekjen KKK yang Sekjen Perkumpulan Intelektual Kristen Indonesia (PIKI), Audy Wuisang mengatakan hikmah dari kejadian tersebut adalah ternyata semangat Sitou Tumou Tou, semangat tolong menolong masih tetap kuat pada warga Kawanua di perantauan. “Kita bisa ambil makna positif dari sini, “tandasnya.

Pria yang kini menjabat Sekjen Perkumpulan Intelektual Kristen Indonesia (PIKI) mengimbau warga Kawanua yang mau bantu donasi bisa langsung lewat KKK.  “Pak Daniel masih butuh dana untuk perawatan,” ucapnya.

Bantuan KKK dan Wanita Kawanua ini disambut haru oleh Basten. “Terima kasih KKK dan Wanita Kawanua yang so bantu papa. Semoga Papa cepat sembuh,” ujar Basten

Sementara Basten anak dari Daniel Tumuyu, mengaku sangat terharu dan  berterima kasih terhadap bantuan dan pertolongan sesama warga Kawanua. ” Makaseh banyak, semoga Papa cepat sembuh, “ujar  Basten. (ben/nji)

 

Related posts