Solid, Ivansa-CNR Hampir Pasti BERSATU di Pilkada Minahasa

  • Whatsapp
Ivan Sarundajang dalam sesi jumpa pres (foto:nji)

MINAHASA- Penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Minahasa memang baru dimulai di tingkat  partai politik. Namun begitu, satu pasangan sudah menyita perhatian.  Pasangan yang dimaksud adalah Ivan Sarundang (Ivansa) dan Careig Nachel Runtu (NCR).

Keduanya kemungkinan besar maju dalam perhelatan pesta demokrasi terbesar di tanah Toar Lumimuut itu dengan menggunakan Partai Golkar. Saat partai berlambang pohon beringin melakukan penjaringan beberapa waktu lalu,  nama Ivansa  mengungguli semua figur eskternal yang dicalonkan.  Sementara dari internal, CNR yang notabene adalah Ketua DPD Minahasa  menempati posisi pertama.

Ivansa dan Greity Tielman serta sejumlah warga pada acara pembukaan Manado Fiesta 2017(foto: nji/mm)

Duet Bersama Sarundajang Runtu (BERSATU) ini  dianggap pasangan yang pas dan ideal untuk membawa Minahasa menjadi lebih baik. Meski kemudian ada upaya untuk memecah keduanya seiring dengan beredarnya surat sudah berakhirnya masa kepengurusan Stevanus Vreeke Runtu (SVR) sebagai Ketua DPD Sulut, Ivansa-CNR tetap solid.

“Pasangan BERSATU itu tetap akan diusung  Partai Golkar. Kami sudah mengkaji dan mempertimbangkan sesuatunya,” ujar salah satu pengurus DPP Golkar saat dihubungi media ini, Minggu (3/9/2017).

Politisi yang kini di DPR RI ini menyebut Ivansa-CNR merupakan pasangan ideal. Selain cerdas dan visioner, dua  figur ini menurut dia sangat cerdik dan cekatan. “Minahasa  butuh pemimpin muda yang cekatan, enerjik, punya jejaring yang luas serta memahami apa yang dibutuhkan masyarakat,” ungkapnya.

Ia menegaskan kalau tak akan perubahan meski DPP Golkar akan menunjuk PLt Ketua untuk meneruskan kepemimpinan SVR. “Pak Hamka Kadi yang ramai diberitakan sebagai Plt Ketua DPD Sulut juga sangat dekat dengan SVR dan kedua pasangan yang bakal diusung Golkar itu. Jadi  tak akan ada perubahan,” ujarnya lagi.

CNR, SVR, SHS dan Ivansa (foto:ist)

Sikap Partai Golkar untuk mengusung Ivansa-CNR diapresiasi banyak kalangan.  “Ini menandakan Golkar memahami kondisi ril daerah dan mau mendengar aspirasi masyarakat yang menginginkan Ivansa-CNR maju,” kata Wakil Ketua Forum Diskusi Pemuda Minahasa dan Tomohon (FDPMdT), Stenly Pascoal.

Stenly bahkan yakin Ivansa-CNR tak hanya akan dijagokan Golkar. “Partai lain juga bakal  memberikan dukungan serupa,” ucapnya.

Prediksi  pemuda asal Tataaran itu sepertinya benar.  Greity Tielmen yang ditemui terpisah  memberikan sinyal akan menyokong  Ivansa-CNR.  “Saya pribadi berharap keduanya mendapat mandat untuk memimpin Minahasa lima tahun ke depan,” ungkapnya.

Apakah pernyataan Greity bisa diartikan dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)? Ketua DPD Sulut ini tak membantah, namun juga tak mengiyakan.  “ Ini baru saya pribadi. Sikap atau dukungan secara resmi partai baru akan kami bicarakan,” ujar Direktur Manado Tourism Board (MTB)  ini.

Sementara Ivansa yang ditemui disela-sela pelaksanaan Manado Fiesta 2017 menyampaikan terima kasih atas dorongan berbagai kalangan untuk dia dan CNR.  “Saya dan CNR memang sudah 99 persen  akan berpasangan di Pilkada Minahasa,” Ivansa menegaskan.

Putra mantan Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang (SHS) ini mengaku terus  membuka komunikasi  semua partai. Selain Golkar yang hampir pasti mengusung dia dan CNR, penjajakan juga dilakukan dengan Gerindra, Nasdem, Demokrat, Hanura dan partai lain.  “Saya dan CNR berteman serta selalu membangun komunikasi dengan semua partai. Saya sebagai kader PDIP juga berharap bisa maju melalui PDIP. Mohon doanya semoga berjalan lancar,” ucapnya.

Ivansa berpesan agar semua elemen tetap menjaga persatuan dan kesatuan. “Jangan karena Pilkada Minahasa, lalu saling memfitnah. Mari berdemokrasi secara sehat dan benar,” ungkapnya.(nji)

 

 

Related posts