Melalui AFDEI, Prancis Jajaki Kerja Sama dengan Sulut

  • Whatsapp
Tim AFDEI dari Prancis didampingi perwakilan Indonesia Jeffrey Sorongan usai bertemu Wali Kota Bitung, Max Lomban (foto: nji/mm)

MANADO-Team Ekonomi Intelijen France & CCI France (AFDEI), sejak kamis (28/8/2017), bertandang ke Sulawesi Utara guna membangun kerja sama dengan Pemerintahan Indonesia khususnya Sulawesi Utara.Mereka akan berada di Sulut selama beberapa hari.

Team Ekonomi Inteligen  bersama rombongan yang datang dari Prancis dan Indonesia ini didampingi kepala perwakilan AFDEI Indonesia Jeffrey Sorongan. Mereka telah melakukan sosialisasi kepada pemerintahan Sulawesi Utara serta beberapa pemerintahan kota dan daerah.

Menurut Sorongan, kerjasama yang dibangun berupa kerjasama dibidang pariwisata, perindustrian serta pendidikan. Ada satu konsep yang ingin dibangun Ekonomi Inteligen Prancis ini yaitu membangun Indonesia dari Sulawesi Utara.”Team Inteligen Ekonomi Prancis ini ingin membangun Indonesia dengan memulainya dari Sulawesi Utara” ujar Jeffrey kepada Megamanado, Jumat (1/9/2017).

Pernyataan Jeffrey itu dibenarkan DR Sri Damayanti , salah satu perwakilan Asosiasi Intiligen Ekonomi Prancis, Menurut dia,  kunjungan ini berdasarkan instruksi Presiden Indonesia Jokowi, membangun Indonesia harus dimulai dari daerah-daerah serta memperkuat pertumbuhan perekonomian agar bisa maju bersama-sama.

“Hal ini kami lakukan Sesuai instruksi Presiden Jokowi, membangun Indonesia melalui daerah-daerah sehingga ekonomi di Indonesia bisa maju dan bertumbuh” terang Damayanti.

Damayanti juga mengatakan, tim Ekonomi inteligen Prancis bergerak dari sulawesi utara dengan mencari potensi ekonomi mana yang bisa dikembangkan. Makanya tim inteligen Prancis ingin berkerjasama dan berpartisipasi untuk Indonesia khususnya Sulawesi Utara, dengan membangun link kerjasama antara kedua belah pihak negara yaitu Prancis dan Indonesia.

Hal ini memang bukan pertama kali dilakukan oleh tim Ekonomi Intiligen Prancis dalam melakukan kerjasama di Sulawesi Utara, tapi sudah dari jaman pemerintahan Gubernur Sondakh kerjasama ini sudah terjalin.”Hal ini bukan untuk pertama kalinya akan kami lakukan di Sulawesi Utara, tapi sudah pernah di jaman Gubernur Sondakh,”  tutur Sri.

Tim  AFDEI berharap mereka bisa menjalin kerja sama yang baik dengan pemerintahan Sulawesi Utara. “Sulawesi Utara salah satu daerah prioitas bagi Prancis,”  kata saah satu anggota rombongan Tim AFDEI. (nji)

Related posts