Mailangkay Jaga Citra Sekolah dengan Segudang Prestasi

  • Whatsapp
Kepala Sekolah SMPN 1 Langowan (foto:cic)

LANGOWAN-Kepala Sekolah memegang peran yang sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan mutu  pendidikan di sekolah.  Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah.

Hal tersebut benar-benar disadari  Kepala Sekolah SMPN 1 Langowan, Denny  Mailangkay  SPd. Ia mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai seorang manajer pendidikan di unit sekolah yang dipimpinnya.

Sosok low profile ini bisa mengelola semua komponen sekolah dan berinteraksi baik dengan semua kalangan.  Kemampuannya mengelola semua komponen membuahkan sukses .

Di bawah kepemimpinannya,  SMPN 1 Langowan empat tahun berturut-turut  menuah banyak prestasi. Terkini adalah sukses SMPN 1 Langowan memboyong  tiga piala sekaligus yakni juara drumband, marching band dan gerak jalan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72.

“Menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi sekolah kami meraih tiga gelar juara tersebut. Upaya,usaha dan perjuangan yang sangat berat ditunjukkan para pelajar dalam grup-grup tersebut sehingga mereka bisa memperoleh keberhasilan,”  kata Denny saat ditemui media ini, Selasa (22/8/2017) di ruang kerjanya.

Semangat dan upaya yang sama  juga diperlihatkan guru-guru dan segenap pegawai yang mengikuti lomba gerak jalan.  Mereka  tampil apik dalam satu barisan yang dipimpin sang kepala sekolah.

“Ini  tahun berkat bagi saya yang akan mengakhiri tugas sebagai kepala sekolah  pada 1 january 2018. Bangga bisa mempersembahkan hadiah di tahun terakhir masa jabatan,”  ujarnya.

Denny lantas menceritakan bagaimana upayanya  menghadirkan tim drumband dan marching band  yang kemudian menjadi favorit warga Langowan, bahkan Kabupaten Minahasa.

“Saat dipercaya menjadi kepala sekolah empat tahun lalu, saya  mendatangkan pelatih khusus. Drumband ditangani pelatih dari Ratahan, ,marching band dibimbing pelatih asal Tomohon dan untuk gerak jalan dikoordinasi langsung guru olah raga. Pimpinan kepala sekolah juga ikut berperan serta sebagai pemimpin kelompok gerak jalan,” ia berkisah.

Upaya lain yang dilakukannya untuk mengangkat nama SMPN 1 Langowan adalah mengajukan proposal ke pemerintah pusat. Upayanya itu membuahkan hasil. SMPN 1 Langowan merupakan salah satu sekolah di Indonesia yang mendapatkan bantuan langsung dari Presiden RI dan bantuan itu sudah disalurkan ke tim marching band.

Sukses di kegiatan ekstra kurikuler itu semakin menahbiskan SMPN 1 Langowan sebagai sekolah favorit di Langowan dan Minahasa.  Maklum, sekolah ini juga unggul dalam bidang akademik.

Semua prestasi itu tentu menjadi kado manis seorang Denny Mailangkay untuk SMPN 1 Langowan. “Pemimpin sekolah harus memiliki tiga hal yang menjadi karakter utama yaitu mencerahkan,mendidik dan memberdayakan,”  katanya berbagi tip soal kiat suksesnya.

Denny pun berharap penggantinya nanti bisa melanjutkan apa yang sudah dirintisnya, bahkan dapat melebihi prestasinya. “Terima kasih buat seluruh pegawai dan guru-guru  yang sudah bekerja keras  selama ini. Pun  terima kasih kepada seluruh masyarakat yang ikut mensuport kami dalam proses belajar mengajar,”  ucap Denny lagi. (cic/nji)

Related posts