Sem Rumagit Bangun Citra SMU 1 Remboken Melalui Prestasi

  • Whatsapp
Kepala Sekolah SMU 1 Remboken, Sem Rumagit (fotocici/mm)

REMBOKEN– Membangun citra sekolah di mata masyarakat merupakan salah satu fokus utama Sem Rumagit saat diberi kepercayaan memimpin Sekolah Menengah Umum (SMU)  Negeri 1 Remboken.  Ia memberi perhatian khusus soal ini mengingat SMU Negeri 1 Remboken merupakan salah satu sekolah favorit di Kabupaten Minahasa.

“Persepsi tenaga pengajar, siswa, orang tua murid dan masyarakat tentang citra sekolah merupakan faktor yang mempengaruhi partisipasi warga sekolah dan masyarakat. Semakin baik pemahamanya terhadap citra suatu sekolah, maka semakin tinggi pula partisipasi warga sekolah dan masyarakat terhadap sekolah tersebut. Untuk itu sekolah harus dapat menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Dengan demikian sekolah akan tetap diminati,” kata Sem kepada Megamanado di  Remboken, Selasa (8/9/2017).

Kepala sekolah  (Kepsek)  low profile ini mengakui  tak mudah untuk mencapai itu. Namun, ia optimistis bisa membangun citra yang positif dan baik  melalui kerja keras.

“Kita harus mengenal dan memaksimalkan semua potensi dan mengkaitkannya dengan kebutuhan atau tuntutan masyarakat.  Dengan begitu kita dapat menelorkan program-program unggulan yang pada akhirnya mampu mendongkrak citra sekolah,” Sem memaparkan.

Menurut dia, jumlah jumlah peserta didik yang mendaftar di suatu sekolah dipengaruhi oleh citra sekolah di mata masyarakat. Sementara kualitas pendidikan di suatu sekolah dipengaruhi oleh seberapa tinggi peran serta masyarakat terhadap suatu sekolah.

“Jadi indikator utama untuk mengukur keberhasilan membangun citra suatu sekolah adalah berapa jumlah peserta didik yang mendaftar dan diterima di suatu sekolah, seberapa tingginya peran masyarakat, serta bagaimana prestasi siswa di suatu sekolah,”  ucapnya.

Sem sudah menjabarkan semua itu kepada semua guru di SMU 1 Remboken.  Makanya ia  yakin sekolah yang dipimpinnya dapat mempertahankan prestasi yang sudah diraih, bahkan bisa lebih baik lagi.  “Meningkat mutu pendidikan dan kualitas SDM harus terus-menerus diupayakan,” katanya.(cic/nji)

Related posts