DPRD Manado Ingatkan Pemkot untuk Hati-hati Gunakan Anggaran

  • Whatsapp

MANADO– DPRD Manado mengingatkan pemerintah kota  agar lebih berhati-hati  menggunakan keuangan negara supaya tidak berdampak hukum. Kepada wartawan di Manado, Selasa (30/5/2017),  Wakil Ketua DPRD Manado Richard Sualang meminta pejabat yang menggunakan dana negara untuk senantiasa melengkapi persyaratan dan selalu berlandaskan aturan.

“Kelengkapan administrasi, bukti dokumen dan lainnya jangan dilupakan. Yang paling penting manfaatkan anggaran itu sebaik-baiknya untuk kegiatan pembangunan,” ujar Icad, sapaan akrab Ketua DPC PDIP Manado ini.

Legislator asal daerah pemilihan Sario dan Malalayang merasa perlu menyampaikan itu karena berdasarkan data dan informasi yang terkonfirmasi keakuratannya, ada banyak indikasi ketidakberesan yang ditemukan BPK saat melakukan pemeriksaan,  “Temuan itu bisa menjerat para pejabat ke ranah hukum jika tidak berhati-hati dan memanfaatkan anggaran negara dengan benar sesuai peruntukannya,” katanya.

Sualang juga mengatakan, jika banyak temuan, maka bisa saja opini yang akan dikeluarkan oleh BPK jauh dari harapan, dari sekarang yang WTP bisa-bisa jatuh ke WDP atau adverst atau bahkan sampai ke disclaimer.  “Pemerintah harus memanfaatkan anggaran sebaik-baiknya,” ucappnya.

Kepala Inspektorat Manado, Hans Tinangon, mengatakan, pemeriksaan oleh BPK memang sudah selesai dan saat ini pemerintah tinggal menunggu laporan hasil pemeriksaan.Tinangon berharap kiranya LHP yang akan diterbitkan oleh BPK nanti, hasilnya baik seperti tahun sebelumnya yang mendapatkan opini WTP sebab semua PD sudah berusaha melakukan sesuai aturan.

“Tentu hasilnya akan ditentukan oleh hasil pemeriksaan. Jika tidak banyak temuan dan administrasi sudah baik, tentunya LHP akan bagus seperti yang diharapkan,” ungkapnya.  (rey)

 

Related posts