Pemkot dan FKUB Kota Tomohon Usulkan Jokowi sebagai Bapak Kerukunan Bangsa

  • Whatsapp
Pernyataan sikap bersama dan pengusulan Presiden Jokowi sebagai Bapak Kerukunan Bangsa (foto:ist)

TOMOHON- Presiden Jokowi diusukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di kota sejuk itu sebagai Bapak Kerukunan Bangsa. Pengusulan itu akan segera disampaikan ke Menteri Agama Republik Indonesia.

Kami selaku komponen tokoh agama dan pimpinan umat beragama di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara, mengusulkan kepada Menteri Agama Republik Indonesia untuk menetapkan Presiden RI Ir Joko Widodo atau Jokowi sebagai Bapak Kerukunan Bangsa atau Harmoni di Negara Republik Indonesia,” kata Wali Kota Tomohon Jimmy Eman kepada media ini, Jumat (21/4/2017).

Bukan tanpa alasan Pemkot dan FKUB Tomohon mengusulkan Jokowi sebagai Bapak Kerukunan Bangsa. Lewat pernyataan sikap di saat pelaksanaan Sosialisasi atau Dialog Peningkatan Kerukunan Umat Beragama Sebagai Pemersatu Bangsa, di Wale Syalom Kelurahan Kolongan, Kamis (20/4/2017) lalu disebutkan sejumlah alasan mengapa orang nomor satu di Indonesia didapuk sebagao Bapak Kerukunan Bangsa.

Antara lain berupa, keteguhan ber- Indonesia yang didalamnya berkomitmen untuk ber- Bhineka Tunggal Ika; berkomitmen dalam pemberantasan radikalisme dan intoleran antar umat beragama yang dituangkan dalam Nawacita dan didukung dengan Instruksi Presiden Nomor 12 tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental; menjunjung tinggi hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia dan menerapkannya secara merata kepada seluruh masyarakat Indonesia; berhasil meningkatkan Indeks Kerukunan Umat Beragama tahun 2016 menjadi 75,47 persen.

Selain itu, berperan aktif dalam penyelesaian konflik Nasional dan Internasional; adanya pengakuan dunia Internasional tentang Kerukunan Umat Beragama di Indonesia; kebijakan melibatkan tokoh-tokoh agama dalam setiap pertemuan kenegaraan serta aktif bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh agama.

Pernyataan sikap bersama itu selain dihadiri Wali Kota Jimmy Eman dan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan, juga dihadiri Kapolda Sulut Irjen Polisi Bambang Waskito, Ketua FKUB Tomohon Pdt Joy Palilingan dan sejumlah tokoh masyarakat Tomohon.  (nji)

 

Related posts