Petugas Kebersihan Manado Tuntut UMP, Ini Jawaban Wali Kota

  • Whatsapp
Wali Kota GSVL, Wawali Mor Bastian, Ketua DPRD Nortje Van Bone dan sejumlah wakil rakyat serta pejabat Pemkot saat menerima petugas kebersihan (foto: rl/tc)

MANADO- Puluhan petugas kebersihan Manado menyambangi  kantor Wali Kota yang terletak di bilangan Tikala, Senin (3/4/2017).  Mereka hadir dengan sejumlah tuntutan, di antaranya meminta gaji disesuaikan dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan  diikutsertakan dalam program BPJS.

Para petugas kebersihan juga ingin dikembalikan ke Dinas Lingkungan Hidup. “Kebutuhan dan gaji tak mengalami hambatan saat di Dinas Lingkungan Hidup,” kata salah satu petugas kebersihan.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) yang menemui langsung para petugas kebersihan  menyatakan permintaan penyesuaian UMP perlu dibahas lebih lanjut karena melalui pembahasan bersama. “Harus dibahas dulu. Pun setelah dibahas tak serta merta langsung diberlakukan,” ujar GSVL yang dalam kesempatan tersebut didampingi  Wakil Wali Kota Manado Mor Bastian, Ketua DPRD Nortje Van Bone dan sejumlah legislator.

Soal permintaan  buruh didaftarkan untuk program BPJS, Ketua Partai Demokrat Sulut ini mengaku setuju.  “Harapan kami mereka bisa tetap bekerja, dan apa yang menjadi tuntutan akan ditindaklanjuti secara bersama,” ujarnya.

Sementarai mengenai  harapan petugas kebersihan untuk dikembalikan ke Dinas Lingkungan Hidup, GSVL mengatakan perlu  dikaji karena lalu banyak hak-hak petugas kebersihan yang ditemukan bermasalah oleh BPK.  “Kita akan mengupayakan yang terbaik,” ucapnya. (den)

 

Related posts