Reses dan Musrembang Sama Saja, Aspirasi Rakyat Kerap Tidak Digubris

  • Whatsapp
Terry Umboh (ist)

MANADO-Aktivis LSM, Terry Umboh menilai pelaksanaan reses oleh lembaga legislatif dan  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) oleh eksekutif belum memberikan manfaat berarti dalam masyarakat.

Dua hajatan untuk menggali dan menghimpun sebanyak mungkin aspirasi masyarakat tersebut menurut Terry terkesan hanya formalitas saja.  Jika seperti itu menurut dia, sebaiknya pelaksanaan reses dan Musrembang ditinjau kembali.

“Warga dengan keseriusan penuh hadir menyampaikan berbagai permasalahan saat reses, tapi  aspirasi itu tak banyak yang direspon. Begitu pula perwakilan kecamatan hadir dengan membawa data soal problematika pembangunan ketika Musrembang digelar untuk ditindaklanjuti,, tapi kerap tak digubris,” kata Terry kepada wartawan di Manado, Jumat (31/3/2017).

Ia berharap  wakil rakyat dan pemerintah benar-benar komit memperjuangkan dan mengoptimalkan apa yang menjadi harapan masyarakat.  “Saat kampanye selalu  menyampaikan yang muluk-muluk, eh justru saat warga datang membawa aspirasi,  tak berani untuk menyatakan kesanggupan memperjuangkan dan merealisasikan harapan itu,’ ucapnya. (rey)

Related posts