Nusa Utara Butuh Kapal Puskesmas Keliling

  • Whatsapp
Kapal Puskesmas keliling efektif digunakan di wilayah kepulauan (foto:ist)

TAHUNA—Tokoh masyarakat Nusa Utara Tune Walo mengharapkan pemerintah menyediakan kapal untuk digunakan sebagai Puskemas keliling di Kabupaten Sitaro, Sangihe dan Talaud. Harapan itu disampaikan Tune demi memaksimalkan pelayanan kesehatan di wilayah Nusa Utara.

“Masyarakat kepuluan khususnya sangat memerlukan adanya kapal puskesmas keliling untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan.Selain untuk digunakan sebagai puskemas keliling kapal tersebut juga dapat digunakan sebagai sarana pelayanan transportasi pasien,dalam keadaan darurat harus segera dirujuk ke rumah sakit yang ada di Manado,” ujar Tune kepada wartawan di Manado, Kamis (30/3/2017).

Pengusaha low profile ini menyebut kendala transportasi selama ini menyebabkan layanan kesehatan di tiga kabupaten itu tak maksimal.  “Kehadiran Puskesmas keliling akan sangat menolong. Usul saya Sangihe, Sitaro dan Talaud masing-masing memiliki dua atau tiga kapal Puskesmas keliling untuk membantu masyarakat,”  ucapnya.

Tune yakin keluhan pasien tak terlayani akan berkurang jika pemerintah sudah menyiapkan layanan kapal Puskesmas keliling. “Masyarakat yang sehat itu melahirkan masyarakat kompetitif yang mampu bersaing di era globalisasi,” kata Tune lagi. (man)

Related posts