Sebelum Meninggal, Pendaki Gunung Lokon Ini Sempat Tuliskan Namanya di Kawah

  • Whatsapp

TOMOHON-  David Lambanaung (17) warga Banjer Kota Manado yang melakukan pendakian di Gunung Lokon, dipastikan meninggal. Kepastian tersebut disampaikan Kasubbag Humas Polres Tomohon Ipda Jhony Kreysen kepada wartawan di Tomohon, Minggu (26/3/2017).

“Yah, posisi korban sudah terlihat dan saat ini sementara dilakukan proses evakuasi oleh Tim Gabungan. Korban pun dipastikan sudah meninggal dunia,” ujar Jhony.

Sebelumnya, saat melakukan pendakian pada Sabtu (25/3/2017) bersama lima orang rekannya, David dinyatakan hilang ketika turun di kawah Gunung Lokon. Meski sempat terpantau pada sekira 17.00 Wita oleh rekan-rekannya, namun karena tertutup kabut David pun tiba-tiba sudah tidak terlihat lagi.

Rekan-rekannya pun meminta pertolongan ke pihak berwajib, yakni Polsek Tomohon Utara serta Tim Basarnas Sulut. Menurut info dari rekan korban yakni Zaklin Tukede (17), warga Karegesan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan Imanuel Kaunang (20), warga yang sama, bahwa mereka ada enam orang terdiri dari tiga perempuan yakni Megumi Runtu (15), juga warga Karegesan Minut, Mega Kalangi (15) warga Kawiley Minut serta Tesa Kalangi (16) warga yang sama dan 3 orang laki-laki datang sejak pukul 15.00 Wita di lokasi Gunung Lokon.

Namun, sekira pukul 17.00 Wita, satu orang lelaki di antara mereka yakni David Lambanaung (17) warga Banjer Kota Manado tidak kembali lagi. Menurut teman yang lainnya, lelaki tersebut memang turun ke kawah dan sempat menuliskan namanya di kawah lokon.

Sementara, lima orang lainnya masih menunggu di atas kawah dan melihat lelaki tersebut sudah naik namun cuaca berkabut sehingga tidak terlihat lagi, sampai cuaca sudah gelap. Kelima rekan lelaki tersebut pun meminta bantuan. Kemudian, ketiga orang perempuan sudah kembali pulang ke Minut.

Setelah mendapar laporan, Kapolsek Tomohon Utara AKP Bartholomeus Dambe SH bersama Tim Basarnas Provinsi Sulut melakukan konsolidasi kemudian menuju lokasi untuk mencari dan mengevakuasi korban, di dampingi empat personil Polsek dan dua pendaki laki-laki.

Setelah dilakukan pencarian oleh pihak Polsek dan Basarnas hingga Minggu (26/3/2017), posisi David pun sudah terlihat di tebing turunan kawah dengan keadaan sudah meninggal dunia. (ibc/den)

.

Related posts