Terlengkap dan Terbaik di Indonesia, Lembaga Sandi Negara Proteksi C3 dari Gangguan Hacker

  • Whatsapp

MANADO- Pusat komanda terintegrasi yang diberi nama Cerdas Command Center (C3)  diluncurkan Senin (27/2/2017) di ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado. Sistem ini digagas Wali Kota  G.S Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Wali Kota Mor Dominus Bastiaan untuk mengoptimalkan pengawasan dan pemantauan seluruh wilayah Manado.

Deputi II bidang Keamanan dan Persandian Lembaga Sandi Negara RI,  Brigjen TNI Suharyanto  menilai  C3 Manado  merupakan yang terbaik di Indonesia. ” C3 Manado ini paling lengkap dan paling baik di Indonesia. Bakal ada ada daerah lainnya di Indonesia yang akan datang belajar di Manado,” tukas Suhartono kepada wartawan usai peluncuran

Kendati demikian, dia mengingatkan kemungkinan sistem yang ada di C3 Manado ini mengalami gangguan dan hambatan karena permainan hacker. Olehnya, pihak Lembaga Sandi Negara RI akan ikut membantu dengan melakukan proteksi. “Kami siap melakukan pengamanan dengan memproteksi C3 Manado dari hacker-hacker,”  ujarnya.

Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey  melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistika Sulut Roy Tumiwa  mengatakan, Pemprov Sulut memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan Pemkot Manado dengan menghadirkan C3. Pemprov pun akan ikut membantu Pemkot Manado dalam penambahan fasilitas pendukung pamantauan CCTV.

“Pak Gubernur sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkot  Manado. Pemprov Sulut sendiri baru mau mulai Agustus atau September tepat HUT Provinsi, namun Manado sudah lebih dulu,” tandas Tumiwa.

Kehadiran C3 tersebut merupakan terobosan cerdas Wali Kota  G.S Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Wali Kota Mor Dominus Bastiaan  sejak dipercayakan masyarakat memmpin Manado. C3  mengadopsi sistem serupa di empat kota yakni DKI Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, termasuk mendatangi Lapan.

“Saya ingin di masa pemerintahan kami, ada terobosan berbasis informasi teknologi dengan membuat Cerdas Command Center. Dimana, selain bertujuan untuk meningkatkan kinerja aparat pemerintah juga untuk percepatan pembangunan di Kota Manado,”   GSVL memaparkan.

Menurutnya, dalam C3 ada sembilan aplikasi dengan klasifikasi berbeda yang dapat diakses masyarakat. Kesembilan aplikasi tersebut yakni, Qlue Manado, Si Gita (Sistim Gabungan informasi Perangkat, Si Tasya (Sistem Pemantauan Masyarakat), elektronik Governent Letter (e-Gol), Pantau Harga Pangan (Tau-Pang), Lapor Manado, RICCA (Ramalan Iklim Cuaca Cerdas, kanal resmi Pemkot Manado, dan Radio Komunikasi Gagak.

Adapun Launching C3 ditandai dengan penekanan tombol, dan tanda-tangan serta pesan digital oleh Deputi Suharyanto dan Kadis Kominfo Sulut Roy Tumiwa. Tampak hadir dalam Launching tersebut, Wawali Mor Dominus Bastiaan SE, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota Manado Rum Dj Usulu, Dandim Manado Letkol Arm Toar Pioh, Direksi Bank SulutGo dan pejabat teras Pemkot Manado. (den)

Related posts