Transportasi Laut, Salah Satu Solousi Mengurai Kemacetan di Manado

  • Whatsapp

MANADO-Macet masih menjadi persoalan  bagi warga Manado kendati pemerintah sudah memberlakukan jalur satu arah. Kendaraan yang terus bertambah menjadi kendala dalam mengurai kemacetan.

Terhadap permasalahan ini, pengusaha yang juga pengamat sosial, ekonomi dan politik Richard Kainage melontarkan gagasan baru. “Transportasi laut bisa dicoba untuk jalur Malalayang-pusat kota hingga ke Tuminting,” kata Icad, sapaan akrab pria yang sempat meramaikan kadidat Walikota Manado  2015 ini saat dihubungi , Sabtu (26/11/2016).

Selain mengurai kemacetan di jalur padat, keberadaan transportasi laut ini menurut Icad bisa menjadi sarana dan wahana rekreasi masyarakat serta mendongkrak sektor wisata. “Jika dikelola dengan baik, bisa mendatangkan PAD yang besar buat Manado,” ucapnya.

Alternatif lain, lanjut dia adalah segera membangun Boulevard Dua. “Sebaiknya mengundang pemilik kawasan untuk membicarakan hal ini. Dari Bahu Mall ke Mantos terus ke Megamas dan Marina sebaiknya jangan masuk ke jalan utama lagi.  Jalan atau jembatan penghubung antarkawasan harus segera dibangun,”  ungkapnya.

Icad sendiri setuju dengan jalur satu arah  yang diterapkan hampir satu tahun ini. Sementara mengenai wacana pemberlakuan ganjil dan genap, mantan Kepala Cabang Hasyrat Abadi Sorong ini menyebut belum saatnya. “Kalau macetnya sudah sangat parah, kebijakan itu bisa diberlakukan seperti di Jakarta,” kata Icad lagi. (don)

 

Related posts