Menteri ESDM Tinjau Proyek PLTP Lahendong

  • Whatsapp

TOMOHON – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan  meninjau proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP ) Lahendong di Kota Tomohon, Sabtu (26/11/2016).  Ignasius hadir di lokasi Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Walikota Tomoho Syerly Adelyn Sompotan (SAS), Sekretaris Kota Tomohon Arnold Poli, Direktur Hulu PT Pertamina Syamsu Alam dan Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Irfan Zainuddin.

Ignasius pada kesempatan tersebut meminta PT. Pertamina untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama limbah-limbah industri. “Jangan sampai  limbah itu menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan,” kata mantan Menteri Perhubungan ini.

Sementarra Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengapresiasi PT Pertamina Geothermal Energy yang mampu menuntaskan proyek jauh lebih cepat dari target. “Kemapanan kompetensi pekerja Pertamina Geothermal Energy dalam melakukan pengawasan proyek menjadi faktor utama keberhasilan proyek,”ujar Syamsu Alam.

Wilayah Kerja Panasbumi (WKP) Lahendong terbagi dalam dua blok yaitu Blok Lahendong Existing yang berada dalam Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa serta Blok Tompaso di Kabupaten Minahasa Induk. Sejak Pertamina melakukan pengeboran pertama pada 1982 hingga Oktober 2016 telah dihasilkan 51 sumur panas bumi untuk Blok Lahendong dan Blok Tompaso.

Sebelum melakukan peninjauan, Ignasius bersama Olly mengadakan pertemuan dengan manajemen PT Geoterma Energy Lahendong dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon. “Kebersihan lingkungan perlu terus dijaga demi kebaikan bersama. Dengan program Gubernur Olly Dondokambey untuk menjadikan Sulut sebagai destinasi wisata terbaik tanah air, maka wajib untuk menjaga keindahan alam,” ujar Ignasius.

SAS yang mewakili Pemkot Tomohon menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menteri ESDM dan Gubernur Sulut di Lahendong, Tomohon. “Pemkot Tomohon mendukung program pemerintah pusat dan Pemprov Sulut di semua aspek, termasuk bidang ESDM. Pemkot akan selalu mensupport program Pemprov Sulut dalam menggalakkan pariwisata. Kami memilik banyak destinasi wisata yang sangat menarik dan layak dikunjungi,” katanya.(yes)

Related posts