Poli Kemungkinan Balik Pemprov, Lumowa Menguat Jadi Sekot Tomohon

  • Whatsapp

TOMOHON-Setelah lima tahun menjabat sebagai Sekretaris Kota (Sekot)  Tomohon, Arnold Poli kemungkinan besar akan balik ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut. Isu berkembang Poli bakal mengisi salah satu jabatan di Pemprov Sulut

“Selain Arnold Poli, Sekot Manado Haefrey Sendoh juga hampir pasti bertugas di lingkup Pemrov Sulut lagi. Soal posisi baru mereka, itu kewenangan  Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut. Prediksi saya karena birokrat senior, tenaga keduanya pasti dibutuhkan,” kata pengamat sosial dan pemerintahan, Jack Sumerar kepada media ini di Tomohon.

Jika Poli kembali ke Pemprov, lantas siapa kandidat kuat untuk Sekot Tomohon? Nama yang paling santer dibicarakan adalah Ronny Lumowa MSi. Birokrat dengan segudang pengalaman  ini dianggap andal memimpin sekretariat daerah  kota Tomohon.

“Dia cerdas, telaten, tegas dan bisa mengayomi. Pengalamannya pernah menduduki sejumlah jabatan seperti Kepala Dinas Koperasi dan UMKM serta Asisten II juga memperkuat daya tawarnya untuk menggantikan Arnold Poli,” kata Ketua Forum Diskusi Pemuda Minahasa dan Tomohon (FDPMT), Adri Muthalib S.Sos.

Pertimbangan lain, Lumowa sudah mengikuti PIM II. “Dia masuk 10 besar peserta yang mengikuti PIM II beberapa bulan di Makassar. Prestasi ini menggambarkan kalau  Lumowa layak menempati jabatan Sekot Tomohon,” ujar Muthalib.

Selain Lumowa, nama lain yang juga disebut adalah Dolvin Karwur.  Srikandi bergelar doktor yang memimpin Dinas Keuangan Tomohon ini punya jejaring dan  disiplin dalam tugas. “Prediksi saya dua nama ini akan diusulkan Walikota Jimmy Eman untuk jabatan Sekot Tomohon,” ungkap Muthalib.

Sayang sampai berita ini diturunkan,  Walikota Tomohon Jimmy Eman belum bisa dimintai keterangan. “Nanti dihubungi lagi, Pak Wali sedang memimpin rapat,” ucap salah satu staf bagian protokoler Walikota Tomohon. (ren)

 

 

Related posts