Hindari Pajak, Sejumlah Perusahaan Ikan di Bitung Beroperasi Tanpa Nama

  • Whatsapp

BITUNG-Investasi perikanan berkembang cukup baik di Bitung. Dari Kota Cakalang itu, pasokan ikan didistribusi ke sejumlah daerah, bahkan sampai ke beberapa negara. Tak heran bila banyak pengusaha tertarik menamamkan investasinya di sektor ini. Sayangnya, tak semua pengusaha mau tunduk pada aturan.  Indikasi  adanya investor  yang mengabaikan  aturan bisa dilihat dari keberadaan sejumlah perusahaan maupun pabrik pengolahan ikan yang beroperasi tanpa papan nama.
Pemerhati ekonomi Sulut, Aji Pramono SE menyayangkan kondisi tersebut.  “Di Bitung banyak perusahaan ikan yang kantornya tidak menggunakan papan perusahaan. Kami kira ini upaya perusahaan menghindari pajak. Jika motifnya seperti itu, maka daerah sangat dirugikan. Pemkot Bitung perlu melakukan pengawasan intensif  terhadap perusahaan ikan,” kata Pramono.
Motif menghindari pajak daerah diprediks Pramono, sudah sudah berjalan sekian tahun tanpa ada tindakan dari Pemkot Bitung. Padahal jika ditertibkan,  akan memberikan pemasukan atau tambahan PAD.
“Perusahaan perikanan berskala besar memasang papan nama,  tapi perusahaan-perusahan menengah ke bawah tidak. Padahal sesuai aturannya tiap perusahaan wajib memasang papan nama tanpa terkecuali agar mudah dikontrol,” ujar Pramono. (yes)

Related posts