Perekonomian Sulut Membaik, Kinerja Perbankan malah Melambat

  • Whatsapp

MANADO– Perekonomian Sulut memperlihatkan grafik meningkatkan selang beberapa bulan terakhir. Sayang membaiknya perekonomian tersebut justru berbanding terbalik dengan kinerja Perbankan Sulut.

Data Bank Indonesia (BI) memperlihatkan kinerja Perbankan Sulut melambat. Indikator utamanya tercermin dari DPK dan kredit tercatat tumbuh melambat, dibandingkan triwulan sebelumnya.

Pimpinan Bank Indonesia Manado Peter Jacob, dalam laporan resminya mengatakan, pertumbuhan aset yang tidak disertai pertumbuhan kredit, menyebabkan bank umum harus mengalokasikan aktiva produktifnya dengan baik agar tidak terjadi idle money .

Di tengah perlambatan tersebut, fungsi intermediary perbankan yang tercermin dari Loan to Deposit Ratio (LDR), tercatat mengalami penurunan. Meski demikian angka LDR tersebut masih berada di atas level yang ideal. Rasio NPL meningkat pada triwulan laporan,  dari 3,33% pada triwulan sebelumnya menjadi 3,62% pada triwulan laporan.

Disisi suku bunga, DPK tercatat menunjukkan penyesuaian yang searah dengan penurunan BI Rate yang terjadi selama 3 (tiga) bulan berturut-turut pada periode laporan. (yes)

 

 

Related posts