Mumek Ajak Warga Manfaatkan Lahan Tidur

  • Whatsapp

MINAHASA—Legislator asal daerah pemilihan Minahasa dan Tomohon, Jeanny Mumek mengajak warga untuk memanfaatkan lahan  tidur. Pasalnya,  banyak lahan yang boleh mendatangkan  nilai ekonomis, tapi tidak dimanfaatkan dengan baik.

“Lahan tidur itu bisa dimanfaatkan oleh petani lokal untuk bercocok tanam, mulai dari peningkatan produksi rempah-rempah, bahan pangan dan sayur-sayuran. Mengingat lahan pertanian di Kota Manado mulai sedikit. Ini bisa berdampak positif bagi ekonomi makro maupun mikro,” kata Jeanny.

Selain bisa meningkatkan pangan lokal, pemanfaatan lahan tidur punya aspek positif bagi keseimbangan ekosistem di Sulut.  “Lahan-lahan tidur yang belum digarap, bisa dimanfaatkan dengan menanam sejumlah benih pohon. Sebab selain memiliki tujuan penghijauan dan sebagai rumah bagi hewan langka Tarsius, keseimbangan ekosistem di Sulut bisa mengalami perubahan,” ujarnya.

Di sisi lain, politisi PDIP ini mengimbau pemerintah kabupaten dan kota untuk membantu  warga dengan menyediakan  bibit dan kebutuhan lainnya. “Bantuan itu akan merangsang  warga untuk  berkreasi memanfaatkan laahan tidur dengan baik,”  ucap Jeanny. (*kp/don)

Related posts