Ika Mangindaan Sentil Anggaran Pendidikan dan Kesehatan

  • Whatsapp

MANADO-Pendidikan merupakan kunci utama untuk melangkah dan berkarya. Penegasan tersebut disampaikan legislator Sulut, Sisca Mangindaan menyikapi keluhan sejumlah penggiat pendidikan soalnya anggaran di sektor ini yang belu mencapai 20 persen.

“Sesuai perintah undang-undang, anggaran pendidikan miniam 20 persen. APBD Provinsi masih jauh dari itu. Jika ingin pendidikan bermutu dan anak-anak kita berkualitas, pemerintah provinsi perlu menambah anggaran di sekor ini pada APBD 2017,” kata Ika, sapaan akrab politisi Partai Demokrat ini kepada wartawan di Manado.

Alumnus Royal Melbouurne Institute of Technology Australia ini optimistis Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw akan melakukan penambahan itu pada APBD 2017. “Secara pribadi keduanya sudah melakukan itu. Pak Gubernur dan Pak Waguub juga saya yakin mau mendorong pemerintah kabupaten dan kota membebaskan biaya pendidikan SD dan SMP,” ungkapnya.

Selain pendidikan, putri tercinta Wakil Ketua MPR RI ini juga menyentil sektor kesehatan. Sulut yang dikenal memiliki sejumlah wilayah kepulauan, perlu meningatkan layanan kesehatan. Ika mengakui bahwa sejumlah Puskesmas sudah membebaskan warga dari pembiayaan. Namun, dari sisi pelayanan masih perlu ditingkatkan. “Sarana dan prasarana kesehatan perlu ditingkatkan. Dengan demikian semua lapisan masyarakat baik di wilayah kepulauan maupun daratan bisa mengakses kesehatan,” ujar Ika. (*kp/don)

Related posts