Bantuan dari BNPB untuk Korban Banjir Segera Disalurkan

  • Whatsapp

MANADO-Bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk korban banjir bandang pada 15 Januari 2014 lalu di Manado akan disalurkan dalam waktu dekat. Sesuai hasil verivikasi,  penerima bantuan sebanyak 5.000 Kepala Keluarga (KK).

Setelah diverifikasi, hasil akhir menunjukan penerima bantuan BNPB nantinya diberikan kepada 5000 kepala keluarga (KK) yang benar-benar masuk dalam kategori bantuan akibat banjir dan tanah longsor.

“Penyaluran bantuan ini sudah terprogram, diberikan kepada mereka yang layak menerima bantuan. Kriteria layak meliputi, rumahnya betul-betul kena bencana, masuk kategori hanyut atau rusak berat dan yang rusak sedang dari BNPB,”  kata Walikota  Manado, Vicky Lumentut.

Proses pendataan penerima, itu sudah dilakukan pemerintah melalui kelurahan masing-masing daerah bencana sejak terjadi pada 15 Januari 2014.”Hanya nama-nama yang dicatat pada tahun 2014 saja yang akan meneriman bantuan. Dimana ada 2.000 lebih yang direlokasi dan 3.000 lebih mengungsi, jadi sekitar .5000 nama dan itu sudah diverivikasi BNPB,”  Vicky menegaskan.

Menurut Walikota, nama penerima dikeluarkan langsung BNPB berdasarkan rilis yang dikirim.”Nama-nama penerima bantuan bencana telah dipublikasikan ke tingkat kelurahan oleh BPBD Kota Manado. Untuk mengetahuinya, silahkan dilihat di kelurahan masing-masing, kalau ada kejanggalan dalam daftar nama tersebut, mohon dapat disampaikan ke pemerintah setempa dan disertai bukti ketidalayakan penerima,” ujarnya. (don)

 

Related posts