Sekolah Sampai Sore? Ini Kata Ketua Komisi D DPRD Manado

  • Whatsapp

MANADO–Ketua Komisi D DPRD Manado, Apriano Saerang  angkat bicara soal usulan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk perlunya penambahan jam belajar hingga sore di semua sekolah. Saerang berpendapat bahwa, wacana tersebut tidak tepat jika diterapkan di daerah.

Pertimbangan utamanya menurut dia adalah fasilitas pendidikan yang belum lengkap.“Program full day sebaiknya diterapkan hanya di ibu kota saja yang fasilitas dan sarana prasara pendidikannya sudah sangat layak. Tapi bagi sekolah yang sangat kekurangan, sangat sulit diterapkan program tersebut karena untuk kegiatan belajar mengajar kekurangan kelas, laboratorium. Apalagi anak didik setingkat SD dan SMP untuk kecerdasan emosional dan akademik harus di tunjang dengan tubuh jasmani yang sehat. Jadi mereka juga butuh istirahat tidur siang, bersosialisasi dilingkungan bermain di rumah,” ungkap Saerang.

Politisi Partai Gerindra ini menilai program tersebut perlu dikaji lebih matang dan mendalam lagi. “Jika ini mau di paksakan di daerah-daerah secara menyeluruh sekolah, ini jelas belum tepat. Mungkin dalam satu kota/kabupaten ada satu  sekolah rujukan untuk full day khusus menerima anak-anak yang orang tuanya punya kesibukan yang tinggi. Program ini masih perlu disosialisasikan keuntungan atau kemunduran sistim pendidikan di Indonesia,”  ujar Saerang. (don)

 

Related posts