Kostistensi sang Ketua Partai

  • Whatsapp

KONSISTENSI Richard Sualang memperjuangkan kepentingan rakyat menuai pujian banyak kalangan. Salah satunya dari Sulut Press Club (SPC). Salah satu wadah berhimpun dan berdiskusi jurnalis Sulut itu mendapuk Ketua DPC PDIP Manado ini sebagai legislator terbaik selang empat tahun terakhir.

Banyak alasan yang mendasari pilihan SPC tersebut menempatkan Wakil Ketua DPRD Manado ini sebagai wakil rakyat terbaik.  “Pak Richard rajin masuk kantor. Kehadiran itu dibarengi dengan sikap kritis terhadap berbagai persoalan. Dia menjadi jembatan aspirasi semua kalangan di DPRD Manado,”  kata Jelly Wensi Siwi, Sekretaris SPC.

Richard Sualang bersama istri dan anak-anak saat liburan (ist)
Richard Sualang bersama istri dan anak-anak saat liburan (ist)

Absensi  Sekretariat DPRD Manado memang menunjukkan tingkat kehadiran pria penggemar Valentino Rossi dan  Manchester United ini nyaris menyentuh angka 100 persen.  Ia tak pernah absen dalam rapat-rapat penting membahas  nasib warga Manado.

“Ada legislator yang kehadirannya di bawah 30 persen.  Keteladan Pak Richard Sualang mudah-mudahan menular ke rekan-rekannya,”  ucap  Jelly.

Pertimbangan lainnya mengapa alumnus Fakultas Kedokteran Unsrat Manado didapuk sebagai wakil rakyat terbaik karena kepeduliannya terhadap kaum termarjinalkan. “Tak hanya memfasilitasi kepentingan masyarakat ke  eksekutif,  Pak Ketua (Richard Sualang, red) juga rela mengeluarkan kocek sendiri untuk warga kurang mampu. Dia menjadikan dewan sebagai ladang pengabdiannya. Itu yang tidak dimiliki sejumlah legislator lainnya,” ungkap Adri Muthalib dari Forum Pemantau Parlemen (FPP).

Richard Sualang bersama Ketua PDIP Sulut Olly Dondokambey dan kader lainnya dalam acara olahraga pagi (ist)
Richard Sualang bersama Ketua PDIP Sulut Olly Dondokambey dan kader lainnya dalam acara olahraga pagi (ist)

Icad, sapaan akrab suami dr Merry Mawardi ini pun unggul dari wakil lainnya dari sisi pendampingan atau kunjungan ke masyarakat.  Politisi peraih suara terbanyak se-Kota Manado pada Pilcaleg 2014 lalu ini rajin turun menyerap aspirasi masyarakat.

“Kalau wakil rakyat lainnya hanya turun saat reses, Pak Richard setiap hari. Wakil rakyat memang harus seperti itu,” ujar Juventus Wee, pemerhati masalah sosial, pendidikan dan politik

Mantan Ketua Komisi D ini juga menurut Juventus mampu memainkan perannya sebagai pimpinan dewan dalam rapat paripurna dan agenda kelembagaan lainnya.  “Pengamatan saya, terkadang beberapa wakil rayat malas menghadiri paripurna.  Pak Richard punya trik untuk menghadirkan rekan-rekannya itu sehingga agenda yang telah disusun berjalan dengan baik,” Wee memaparkan.

Richard Sualang bersama Ketua DPRD Noortje Van Bone memimpin Rapat Banggar di Sekretariat Dewan Manado (ist)
Richard Sualang bersama Ketua DPRD Noortje Van Bone memimpin Rapat Banggar di Sekretariat Dewan Manado (ist)

“Dia juga tak sungkan menerima pengunjuk rasa. Pimpinan dewan banyak yang alergi dengan demonstran, tapi Pak Richard tidak,” kata Wee lagi.

Terkait labeling legislator terbaik selama beberapa tahun berturut-turut tersebut,  Icad mengaku tidak memikirkannya. “Banyak politisi atau wakil rakyat lain yang lebih pantas. Tapi, terima kasih kepada SPC dan rekan-rekkan wartawan serta aktivis LSM atas penghargaan tersebut,” ujarnya politisi low profile ini.

Ayah dari Keane dan Kyrie ini bertekad untuk terus memberikan yang  terbaik buat orang banyak.  “Saya tak ingin mengecewakan kepercayaan yang diberikan rakyat dan partai.  Lagi pula suatu kebahagian dalam hidup kalau kita bisa berbuat dan berkarya untuk banyak orang orang,” kata Icad. (*/edisi profil/mm/alex)

Tentang Icad

Nama                           : dr Richard Henry Sualang

Jabatan                           : Wakil Ketua DPRD Manado

Jabatan di Partai          : Ketua DPC PDIP Manado

Orang Tua                   : Freddy Hary Sualang (alm/mantan Wagub Sulut) dan Sus    Pangemanan (Mantan Wakil Ketua DPRD Sulut)

Istri                              : dr Merry Mawardi

Anak                           : Keane dan Kyrie Sdualang

Klub Favorit                : Manchester United

Tokoh Idola                : Bung Karno

 

 

 

 

Related posts