Musda Demokrat Sulut Tunggu Jadwal DPP, Van Bone Yakin GSVL Terpilih Kembali

  • Whatsapp

MANADO-Musyawarah Daerah (Musda) DPD Partai Demokrat Sulut untuk memilih pengurus baru  bakal segera digelar. DPD Sulut dikabarkan  sudah melaporkan rencana tersebut ke DPP Demokrat.

“Musda Sulut sebagaimana informasi dari DPD menyesuaikan jadwal dari DPP Demokrat. Jadi DPD dan semua DPC tinggal menunggu intsruksi kapan pelaksanaan Musda digelar,”  kata Ketua DPC Demokrat Manado,  Noortje Van Bone kepada media ini, Senin (8/8).

Menyusul semakin dekatnya hajatan penting tersebut,  pembicaraan soal siapa figur yang bakal menjadi Ketua DPD Sulut menjadi menarik.  Awalnya sempat muncul beberapa nama seperti  Edwin Lontoh, Youdy Watung, Marthen Manoppo, Mor Bastian dan James Karinda. Namun, ternyata figur-figur ini memastikan tak akan maju dan siap mendukung kembali GS. Vicky Lumentut  (GSVL) sebagai pimpinan mereka.

“Ya, pasti Pak Vicky akan terpilih kembali. Bukan hanya pengurus DPD yang menginginkan  Pak Vicky, semua pimpinan DPC juga sepakat memilih beliau kembali.  Jadi saat Musda, Pak Vicky akan terpilih secara aklamasi,”  ujar Van Bone.

Soal figur GSVL yang tak tertandingi di partai berlambang Mercy ini, pengamat politik Aji Pramono menilai karena suami  rektor terpilih Unima, Prof Paula Runtuwene itu menjadi kebanggaan Demokrat. Dari semua kader  Demokrat di Sulut, hanya GSVL yang menonjol prestasinya.

“Dua kali terpilih sebagai Walikota Manado dan pernah memimpin Apeksi. Jabatan top eksekutif  itu memudahkan bagi banyak figur, tak terkecuali Pak Vicky untuk menduduki jabatan pimpinan partai. Bukan karena kemauan dia, tapi karena kader yang menginginkan. Ini juga berlaku buat partai lain. Saat jadi orang nomor satu di top eksekutif,  maka tawaran untuk menjadi pimpinan partai juga akan datang,”  kata Aji.

Pria berbadan subur ini justru memprediksi kalau persaingan yang sesungguhnya justru akan terjadi untuk jabatan Sekretaris DPD Sulut. “Edwin Lontoh, Youdy Watung, Marthen Manoppo, Mor Bastian, James Karinda, Lock Kojongian, John Sumual dan Billy Lombok layak untuk jabatan tersebut. Pertarungannya justru di sini,” ucap Aji.

Lantas siapa yang paling berpeluang? Aji menilai semua kandidat itu memiliki kesempatan sama.  “Dari sisi perimbangan wilayah, Edwin Lontoh paling pas. Hanya lebih menguntungkan kalau GSVL memilih Youdyy Watung   karena mantan Wakil Ketua DPRD Manado dan Sulut ini tak sedang duduk di lembaga legislatif. Dia bisa fokus sepenuhnya untuk membuat konsep dan menggerakkan roda organisasi. Manoppo bisa digeser ke posisi Ketua Harian,”  kata Aji pula. (don/alx)

 

Related posts