Pengangguran Meningkat, Ini Usulan RK untuk Pemerintah

  • Whatsapp

MANADOAngka pengangguran di Sulut terus menunjukkan peningkatan.Aktivis LSM, Terry Umboh menyebut ada puluhan ribu warga Nyiur Melambai yang masuk dalam kategori. “Ekonomi lesuh berimbas terhadap menurunnya daya beli masyarakat dan meningkatnya pengangguran. Ini perlu menjadi perhatian pemerintah,” ucap Terry di Manado, Kamis (28/7/2016).

Terhadap data tersebut, pengusaha yang belakangan ini ikut meramaikan panggung politik Sulut, Richard Kainage  (RK) menyampaikan keprihatinannya. “Perlu formula baru untuk menciptakan lapangan kerja bagi banyak kalangan,” ujarnya.

Dia mengusulkan  pengembangan ekonomi kerakyatan sebagai solusi  mengatasi tingkat pengangguran tersebut.  “Kegiatan ekonomi yang paling banyak dilakukan masyarakat  perlu mendapat perhatian pemerintah. Berikan pelatihan dan bimbingan serta stimulan kepada petani, pedagang kecil, tukang kayu, peternak dan tukang  sehingga usaha mereka lebih berkembang,” ujar Icad, sapan akrab Mantan Kepala Cabang PT Hasyrat Abadi Sorong ini.

Dia juga berharap pemerintah dapat mendorong mendorong lahirnya wirausahawan muda  yang cerdas  dan inovatif.  “Sudah saatnya kita merancang  kurikulum  kewirausahaan di sekolah formal l yang dapat merangsang pelajar untuk mencintai dunia usaha. Unsur menumbuhkan keterampilan dan soft skills wirausaha adalah menjadi prioritas tertentu yang dirumuskan oleh kurikulum sekolah,” ucapnya.

Icad  juga  menawarkan program persiapan menjadi wirausaha bagi mereka masa transisi, atau mereka yang sudah mulai terlibat dalam pekerjaan, namun belum berhasil. “Selama ini, upaya untuk menerima pencari kerja dan menyalurkannya adalah salah satu upaya yang sedikit manfaatnya. Mengingat sedikit perusahaan yang benar-benar mencari tenaga kerja melalui media iklan. Pada proses di mana mereka yang sudah tidak lagi sekolah, model-model menumbuhkan kewirausahaan menjadi sangat relevan,” katanya. (leo/alx)

 

Related posts