Persma, Persmin, Persibom dan PSKT Favorit Juara Liga Nusantara

  • Whatsapp

MANADO – Nama Sulut sempat menjadi buah bibir pengamat, penggiat dan penggemar sepakbola Tanah Air saat Persma Manado, Persmin Minahasa dan Persibom Bolaang Mongondow meramaikan kompetisi Divisi Utama Indonesia.  Divisi Utama kala itu merupakan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia sebelum keberadaan Indonesian Super League (ISL).  Ketiga tim dari daerah Nyiur Melambai ini mampu mensejajarkan diri dengan tim papan atas seperti Persipura Jayapura, Persija Jakarta, Arema Malang, Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.

Performa apik tiga klub kebanggaan warga Nyiur Melambai tersebut membuat bintang-bintang sepakbola Indonesia selalu antusias untuk menunjukkan aksi terbaik setiap kali datang di Sulut. Keberadaan legiun asing di skuat semisal  Jules Onana, Nelson Sanchez, Rodrigo Araya,  Vata Matanu, Jardel Santa dan Cristian Carasao (Persma), Ronald Fagundes, Ronald Fagundez, Joao Carlos, Alcidio Fleitas dan  Osvaldo Moreno (Persmin)  serta Fernando Soler (Persibom)  membuat tiga tim tersebut disegani. Apalagi bintang-bintang lokal seperti Jendry Pitoy, Hendra Pandenuwu,  Stenly Mamuaja, Alen Mandey, Arifin Adrian, Firman Utina dan Francis Wewengkang juga tak kalah menawan.

Nama besar Persma, Persmin dan Persibom dengan prestasi yang pernah diukir di kompetis terbaik Tanah Air tersebut membuat banyak kalangan menjagokan mereka menjadi yang terbaik di Liga Nusantara regional Sulut.  Selain ketiga tim tersebut, PSKT Tomohon yang bertindak sebagai tuan rumah Grup B juga ikut diperhitungkan.

“Persma, Persmin dan Persibom pasti akan menjaga nama baik dengan penampilan terbaik di ajang ini. Sangat wajar jika ketiga klub ini menjadi favorit. Tapi, jangan lupakan PSKT yang juga gudang pemain berbakat. Selain jadi tuan rumah, PSKT sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi perhelatan ini,” kata pengamat sepakbola Aji Pramono.

Ketua Asprov PSSI Sulut, Jackson Kumaat yang dimintai tanggapan tentang persaingan kedua tim peserta, baik untuk Liga Nusantara maupun Suratin Cup berharap semua tim menyuguhkan kualitas terbaik dan menjunjung tinggi fair play.  “Tim terbaik yang pasti meraih hasil maksimal,” ucap Jacko, sapaan akrab pengusaha muda ini. (leo)

PEMBAGIAN GRUP LIGA NUSANTARA

Grup A

Persma 1960

PS Manado

PS. Bank Sulut

Mandiri FC

Bina Taruna FC

PERSIS

PERSITARO

Grup B

PSKT

PERSMIN

PERSBIT

PS. MU

PERSMINSEL

PS. MANGUNI

Kuda Laut Belang

Grup C

PERSIBOM

PERSIKOKOT

PERSIBOLMUT

Boltim FC

Bolsel FC

BMM Kotamobagu

Untuk Suratin Cup 2016

Grup

PS Manado

PS Bank Sulut

Mandiri FC

Bina Taruna FC

PERSIS

PERSITARO

PERSITAL

Grup B

PSKT

PERSMIN

PERSBI

PS. MU

PERSMINSEL

PS Mangun

Kuda Laut Belang

Grup C

PERSIBOM

PERSIKOKOT

PERSIBOLMUT

Boltim FC

Bolsel FC

Related posts